nusabali

Dishub Klungkung Belum Bisa Tambah Layanan Angkutan Siswa Gratis

  • www.nusabali.com-dishub-klungkung-belum-bisa-tambah-layanan-angkutan-siswa-gratis

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Perhubungan (Dishub) Klungkung belum bisa menambah layanan angkutan siswa gratis di tahun 2023.

Dengan anggaran Rp 4,1 miliar, layanan angkutan siswa gratis ini masih di lingkup Kecamatan Klungkung saja. Angkutan siswa gratis melayani rute 5 sekolah. Bupati Suwirta berharap program ini dapat dilanjutkan oleh Bupati Klungkung selanjutnya.

Kadis Perhubungan Klungkung, I Nyoman Sucitra mengatakan, alokasi anggaran program angkutan siswa gratis pada APBD Tahun 2023 sebesar Rp 4,1 miliar. Melayani SMPN 1 Semarapura, SMPN 2 Semarapura, SMPN 3 Semarapura, SMPN 4 Semarapura, dan MTS Hasanudin. Jumlah siswa yang dilayani sebanyak 1.500 orang dengan 110 armada. “Cakupan pelayanan belum ada penambahan karena keterbatasan anggaran,” ungkap Sucitra, Selasa (13/12).

Sucitra menambahkan, angkutan ini sempat tertunda operasi selama 2 tahun karena pandemi Covid-19. Sisa anggaran terbatas akibat refocusing, maka layanan angkutan siswa pada tahun 2021 hanya bisa berjalan selama 14 hari. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, program angkutan siswa gratis memberikan banyak manfaat. Mampu menurunkan angka kecelakaan anak-anak dan meringankan orangtua siswa. Hanya saja karena APBD Kabupaten Klungkung yang terbatas, program hanya mampu mencakup siswa SMP di Kecamatan Klungkung saja.

Bupati Suwirta berharap program ini dapat dilanjutkan oleh Bupati Klungkung selanjutnya. Sebab masa jabatan sebagai Bupati Klungkung dua periode berakhir pada tahun 2023. “Ini merupakan tugas yang sangat mulia untuk mencerdaskan anak bangsa, manfaatnya banyak sekali. Semoga bupati nanti melanjutkan program ini,” kata Bupati Suwirta. *wan

Komentar