nusabali

27 Anggota DPR 'Diganjar' Awards

MKD Sebut Sebagai Penilaian Etis Para Anggota Dewan

  • www.nusabali.com-27-anggota-dpr-diganjar-awards

JAKARTA,NusaBali
Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI menyelenggarakan MKD Awards 2022 sebagai bentuk penilaian etis kepada anggota DPR guna memberi dampak pada kinerja kelembagaan secara menyeluruh. Sebanyak 27 Anggota DPR RI dari 9 fraksi menerima MKD Awards 2022.

"Ajang ini merupakan ikhtiar etis dan diawali dengan cara yang baik, mengapresiasi wakil rakyat adalah cara untuk mengapresiasi rakyat itu sendiri," kata Ketua MKD DPR RI Adang Darajatun saat memberikan sambutannya di Jakarta, Senin (12/12).

Adang mengatakan bahwa MKD Awards 2022 bukanlah ajang pencarian bakat atau pemberian kalkulatif sebagaimana penilaian kontestasi lainnya.

Menurut dia, penghargaan tersebut dimaksudkan sebagai pembuktian bahwa anggota dewan yang terpilih sejatinya adalah mereka yang memang sejak awal terpilih oleh rakyat, sebagai penyambung lidah rakyat. "Figur yang mampu menyalurkan suara mereka dalam ruang yang etis, bukan sekedar ruang kalkulatif," ujarnya.

Adang menjelaskan bahwa MKD Awards 2022 ini merupakan ajang pemberian penghargaan perdana yang dihelat MKD DPR RI. Dia pun berharap ajang ini perlu untuk terus dilanjutkan di masa yang akan datang sebagai bagian dari sistem pengawasan internal. “Mengawasi pelaku Anggota DPR RI sebagai tugas MKD tidak hanya dilakukan berdasarkan pengaduan atau peristiwa dengan pelanggaran kode etik karena itu menempatkan MKD sebagai lembaga yang pasif. Sementara itu, penegakan etik bermakna sebagai bentuk upaya dan berkelanjutan,” tuturnya.

Sementara Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan, bahwa penegakan etika tidak cukup hanya diemban oleh kelembagaan MKD semata, melainkan perlu ikhtiar bersama yang didasari atas kesadaran kolektif sebagai wakil rakyat baik secara personal maupun secara institusional. “Bahu-membahu dalam memaknai pentingnya kesadaran etis kelembagaan adalah upaya tidak sederhana, melainkan harus berkesinambungan terus menerus, saling menjaga dan mengingatkan,” katanya.

Oleh sebab itu, Muhaimin mengatakan ajang MKD Awards hari ini adalah ajang yang dapat menegaskan bahwa MKD DPR RI senantiasa mengajak seluruh anggota DPR RI untuk membersamai perjuangan penegakan etika kelembagaan.

Dia berharap para anggota dewan yang terpilih hari ini memberi bisa memberikan teladan, kebanggaan, serta menjadi agen-agen penegak etika DPR. “Di pundak para agen-agen penegak etika DPR inilah tersemat tanggungjawab moril bersama untuk terus ikhtiar perjuangan menegakkan etika kelembagaan DPR RI," imbuhnya.

Muhaimin berharap pula ajang MKD Awards dapat terus berlanjut ke depannya demi memicu semangat kolektif dalam menegakkan etika sebagai anggota dewan. "Dengan demikian, suatu saat penegakan etika kelembagaan akan menjadi gairah bersama dan memicu semangat kolektif untuk berkontestasi menjadi teladan-teladan bagi rakyat, demokrasi, politik masa depan yang beradab dan bertanggungjawab," kata Muhaimin. *ant

Berikut daftar anggota DPR RI penerima MKD Awards 2022:
1. Fraksi PDI Perjuangan: Masinton Pasaribu, Arya Bima, Ono Surono
2. Fraksi Partai Golkar: Adies Kadir, Kahar Muzakir, Ahmad Doli Kurnia
3. Fraksi Partai Gerindra: Andre Rosiade, Novita Wijayanti, Andi Iwan Darmawan Aras
4. Fraksi Partai NasDem: Ahmad Sahroni, Felly Estelita Runtuwene, Taufik Basari
5. Fraksi PKB: Daniel Johan, Jazilul Fawaid, Luluk Nur Hamidah
6. Fraksi Partai Demokrat: Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Anwar Hafidz, Irwan
7. Fraksi PKS: Mahfudz Abdurrahman, Toriq Hidayat, Hidayatullah
8. Fraksi PAN: Desy Ratnasari, Guspardi Gaus, Zainuddin Maliki
9. Fraksi PPP: Arsul Sani, Achmad Baidowi, Amir Uskara

Komentar