nusabali

Hadiri Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina di Solo, Megawati Gandeng Tangan Gibran

  • www.nusabali.com-hadiri-resepsi-pernikahan-kaesang-erina-di-solo-megawati-gandeng-tangan-gibran

Usai salaman dan foto bersama pengantin dan orangtua pengantin, Megawati menggandeng tangan Gibran Rakabuming, berjalan seraya berbincang hangat.

JAKARTA, NusaBali

Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri menghadiri resepsi pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dengan Erina Sofia Gudono, di Pura Mangkunegaran, Solo. Kedatangan Megawati itu mendapat sambutan hangat dari keluarga mempelai, termasuk Walikota Solo sekaligus putra Jokowi, Gibran Rakabuming.

Dilihat dalam siaran langsung CNN Indonesia, dan dilansir detikcom, Minggu (11/12/2022), Megawati didampingi Ketua DPR sekaligus putrinya, Puan Maharani. Terlihat Kepala BIN Budi Gunawan dan Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto juga menemani Megawati.

Megawati tampil dengan setelan merah gelap dalam acara tasyakuran sesi malam. Sementara, Puan tampak anggun dengan kebaya putih.

Sebelum salaman dengan mempelai Kaesang dan Erina, Megawati dan Puan menyalami undangan yang lain. Megawati dan Puan langsung berjalan ke panggung mempelai.

Megawati dan Puan naik berbarengan ke atas panggung. Mereka salaman dengan Jokowi, Iriana Jokowi, Kaesang, Erina, serta orangtua Erina. Saat bersalaman, Kaesang salim dengan Megawati.

Usai salaman, Megawati dan Puan berfoto bersama dengan pengantin dan orangtua pengantin.

Namun ada pemandangan menarik setelah sesi foto bersama tersebut. Terlihat Megawati menggandeng tangan Gibran Rakabuming. Keduanya lalu berjalan seraya berbincang hangat.

Diketahui, acara tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina sesi malam banyak dihadiri tokoh penting. Di antaranya, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, KSAL Laksamana Yudo Margono, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah, dan Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah.

Menteri-menteri Jokowi yang hadir yakni Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto, Menkum HAM Yasonna Laoly, dan Kepala Staf Presiden Moeldoko.

Presiden Joko Widodo sempat berbicara sebelum prosesi acara ngunduh mantu di Loji Gandrung, Solo. Jokowi menyebut pihaknya melakukan acara ngunduh mantu sekaligus untuk merawat dan memelihara kebudayaan.

“Kami ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sekaligus kita nguri-uri kabudayan, merawat kebudayaan, memelihara kebudayaan,” kata Jokowi di lokasi acara ngunduh mantu, Minggu kemarin.

Jokowi mengatakan prosesi ini penting untuk dilakukan lantaran warisan para leluhur. Dia menyebut menjalankan pernikahan secara adat juga berarti mengenalkan dan mencintai budaya Indonesia.

“Karena budaya adalah warisan para leluhur kita, oleh sebab itu mengenalkan budaya kita adalah wajib, mencintai budaya kita adalah sebuah kewajiban kita bersama,” ucapnya.

Jokowi juga berharap agar kecintaan pada budaya sendiri harus terus ditunjukkan. Menurutnya, budaya itu merupakan karakter bangsa Indonesia.

“Oleh sebab itu kecintaan pada budaya harus kita tunjukkan agar identitas budaya kita muncul kembali dan karakter kita, karakter budaya kita juga semakin kita mencintai. Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan,” ujarnya. *

Komentar