nusabali

Digitalisasi Dongkrak Retribusi Bangli

Target Rp 9 Miliar, Realisasi Sudah Rp 14,3 Miliar

  • www.nusabali.com-digitalisasi-dongkrak-retribusi-bangli

BANGLI, NusaBali
Hanya menargetkan retribusi dari sektor pariwisata Rp 9 miliar dalam APBD Induk 2022, ternyata Kabupaten Bangli hingga saat ini sudah meraih retribusi sebesar Rp 14,3 miliar.

“Berkat terobosan-terobosan yang kami lakukan, pencapaian saat ini sudah sangat jauh melebihi target,” kata Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta. Hal ini disampaikan oleh Bupati Sedana Arta saat menerima kunjungan DPD Partai Hanura di Rumah Jabatan Bupati Bangli, Jumat (9/12).

Kedatangan rombongan Partai Hanura yang menjadi pengusung duet Sang Nyoman Sedana Arta - I Wayan Diar menjadi Bupati Bangli periode 2021-2026, dipimpin langsung Ketua DPD Hanura Bali I Kadek Arimbawa, Gde Wirajaya Wisna (Sekretaris), Noven Sigit Ari Susanto (Bendahara) dan sejumlah pengurus teras lainnya.

Atas keberhasilan melewati target tersebut, Bupati Sang Nyoman Sedana Arta mengajak kepada seluruh masyarakat Bangli untuk berani bermimpi tinggi. “Saatnya harus  melakukan lompatan-lompatan tinggi untuk lebih cepat memajukan Bangli. Karena kabupaten/kota yang lain sudah berlari kencang,” kata Bupati Sedana Arta.

Sedana Arta menyebut bahwa digitalisasi tak terelakkan dan harus diterapkan di kabupaten yang dipimpinnya. Dengan adanya digitalisasi, maka kinerja dan akuntabilitas pemimpin di dalam mempertanggungjawabkan anggaran yang ada di APBD bisa transparan dan terpantau langsung oleh masyarakat.

“Maka dari itu pada 17 Februari 2022 ini, saya melaunching elektronik retribusi yang masuk kawasan pariwisata Kintamani dan mulai Agustus, kami juga merancang e-tiketnya untuk kawasan Penglipuran,” sebut Sedana Arta.

Sebelumnya pemungutan pajak, hotel dan restoran (PHR) juga sudah dilakukan secara online. “Data-data itu bisa dilihat secara terbuka oleh masyarakat Bangli di dashboard online, sehingga semuanya transparan dan akuntabel,” jelas Sedana Arta.

Untuk ke depannya, Sedana Arta menegaskan konsep digitalisasi akan semakin massif diberlakukan di Bangli. “Karena potensi-potensi yang ada di Bangli harus terus dikelola secara transparan dan terdigitalisasi. Begitu seterusnya dan seterusnya,” ujarnya.

Ketua DPD Hanura Bali I Kadek Arimbawa mengaku bangga melihat apa yang diraih Buleleng di bawah kepemimpinan duet Sedana Arta-Wayan Diar. “Jadi memang tidak salah Partai Hanura mengusung beliau sebagai Bupati Kabupaten Bangli,” kata Arimbawa.

Sedana Arta, disebut Arimbawa, merefleksikan sebagai pemimpin perubahan dengan menerapkan dunia digital bagi masyarakat Bangli. “Terima kasih Pak Bupati atas pencapaian luar biasanya. Kami dari Partai Hanura akan terus mengawal dan memberikan dukungan penuh kepada Pak Bupati,” kata politisi yang juga seorang seniman ini.

Sebaliknya Bupati Sedana Arta juga memberikan apresiasinya kepada Partai Hanura yang berkenan mengunjungi Rumah Jabatan Bupati Bangli. “Hubungan kami dengan Partai Hanura Bali sangat terjalin dengan baik. Dan secara emosional, sudah satu visi misi dalam perjalanan bersama dari dulu sekarang hingga ke depannya, terutama  terkait dengan potensi yang ada di Kabupaten Bangli,” ujar Sedana Arta.

Bupati Sedana Arta pun mengilas balik saat Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Bangli di masa awal  memipin Bangli. Ia meminta masyarakat Bangli tidak boleh berpikir kalau kabupatennya miskin. “Jadi semua masyarakat Bangli harus percaya diri bahwa Kabupaten Bangli dengan seluruh potensinya bisa sejajar atau bahkan lebih maju dari daerah lainnya di Bali,” kata Sedana Arta.

Sedana Arta juga mengaku berupaya untuk mengangkat rasa jengah dalam upaya agar Kabupaten Bangli bisa berdiri sejajar dengan kabupaten-kabupaten yang lain.*mao

Komentar