nusabali

Bank Sampah Kenanga Peguyangan Kembali Diaktifkan

Penimbangan Perdana Terkumpul 110 Kg Sampah Anorganik

  • www.nusabali.com-bank-sampah-kenanga-peguyangan-kembali-diaktifkan

DENPASAR, NusaBali
Bank Sampah Kenanga di Banjar Pemalukan, Kelurahan Peguyangan, Denpasar Utara kembali diaktifkan mulai Minggu (11/12).

Bank sampah ini sempat ditutup akibat pandemi Covid-19. Lurah Peguyangan Gede Arcana, mengatakan diaktifkannya kembali bank sampah ini adalah inisiatif dari kader PKK. Mereka sebelumnya melakukan pembayaran tabungan bank sampah secara door to door.  

“Cara kader PKK mengaktifkan kembali bank sampah dengan langsung ke rumah rumah untuk membayar tabungan bank sampah. Mereka juga sambil mensosialisasikan ada penimbangan di Bank Sampah Kenanga hari ini (kemarin),” kata Arcana.

Dari langkah yang dilakukan tersebut, sebanyak 110 kilogram sampah anorganik yang dikumpulkan oleh Bank Sampah Kenanga. Rinciannya, sebanyak 50 kilogram sampah botol dan plastik. Sebanyak 20 kg sampah kardus dan kertas, 25 kg sampah besi, 10 liter minyak jelantah, dan 5 kg sampah botol kaca. “Meski penimbangan perdana, namun jumlah sampah anorganik terkumpul termasuk banyak, yakni 110 kilogram,” ucap Arcana.

Menurut dia, dengan aktifnya Bank Sampah Kenanga, menambah bank sampah yang ada di Kelurahan Peguyangan. Saat ini Keluhan Peguyangan sudah memiliki sebanyak 9 bank sampah yang aktif.

“Kami berharap dengan adaa banyak bank sampah dapat mengatasi dan mengurangi pembuangan sampah non orgamik ke TPS maupun ke TPA. Dan kami harap juga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memilah sampah dari sumbernya,” tandas Arcana. *mis

Komentar