nusabali

Kaesang-Erina Jalani Prosesi Siraman, Air Diambil dari 7 Sumber

  • www.nusabali.com-kaesang-erina-jalani-prosesi-siraman-air-diambil-dari-7-sumber

SOLO, NusaBali
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan calon istri Erina Gudono menjalani prosesi siraman pada, Jumat (9/12).

Prosesi ini dijalani Kaesang dan Erina secara terpisah sebelum melangsungkan akad nikah, Sabtu (10/12) hari ini. Ayahanda Kaesang, yakni Presiden Jokowi bercerita bahwa sang istri Iriana menangis saat siraman. Air yang dipakai untuk siraman pasangan Kaesang dan Erina Gudono sendiri diambil dari 7 sumber air, yakni rumah Erina, rumah Presiden Joko Widodo (Jokowi), Keraton Kilen, Pakualaman, Puro Mangkunegaran, Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta dan air zamzam dari Tanah Suci Mekah. Air ini dicampur dengan bunga setaman.

"Nangis tadi, nangis," kata Presiden Jokowi usai acara siraman di rumahnya, Solo, Jumat (8/12). Tak hanya Iriana, Jokowi menyebut Kaesang juga ikut menangis. Lalu, tangisan merembet Bobby Nasution yang turut ikut proses siraman. "Tadi Ibu Iriana dulu yang nangis terus Kaesang ikut nangis, Mas Boby juga ikut nangis" katanya.

Hal ini juga dikatakan langsung oleh Iriana. Dia mengaku tangisannya itu merupakan rasa haru bahagia. "Nangis senang, bahagia," kata Iriana sembari menatap Kaesang dilansir detik.com. Dalam acara siraman kemarin, Jokowi juga melakukan prosesi menggendong anak bungsunya tersebut. Kaesang kemudian melakukan sungkeman di hadapan Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi. Tampak Kaesang bersimpuh di hadapan kedua orang tuanya itu. Setelah acara tersebut, Kaesang menuju ke lokasi siraman dengan diiringi keluarga kedua kakak Kaesang, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

Selanjutnya, prosesi siraman itu dilakukan dengan diawali penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita. Air tersebut diterima Gibran selaku perwakilan keluarga.

Tujuh sumber mata air tersebut yaitu Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan kediaman Solo. Ketujuh air itu disatukan dalam dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman. Jokowi didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang.

Kaesang mengungkapkan perasaannya yang senang hingga menangis. "Perasaan bahagia, nangis banget," kata Kaesang kepada wartawan.

Pada prosesi siraman kemarin hadir Menko Polhukam Mahfud Md hingga Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ikut mengguyur air kembang ke badan Kaesang. Terpisah prosesi siraman terhadap calon istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono digelar di kediamannya Sleman, DI Jogjakarta. Siraman dimulai dari sang ibu, Sofiatun Gudono, yang menyiramkan air ke Erina yang mengenakan rangkaian bunga melati. Kemudian siraman dilakukan Istri Sultan Hamengkubuwono X GKR Hemas; istri Paku Alam X GKBRAy Atika Purnomowati, istri Mensesneg Pratikno Siti Faridah Pratikno, Sutati Muhaimin Zulaikha Surenggane, dan Nyai Hj Fatimatuz Zahro.

Untuk diketahui, akad nikah Kaesang dan Erina akan digelar pada Sabtu (10/12) hari ini di Pendopo Royal Ambarrukmo Jogjakarta, kemudian dilanjutkan resepsi pernikahan yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo pada, Minggu (11/12). *

Komentar