nusabali

Mahayastra Dorong Putrinya Nyaleg DPRD Bali

Penuhi Kuota Perempuan di Pileg 2024 Mendatang

  • www.nusabali.com-mahayastra-dorong-putrinya-nyaleg-dprd-bali

GIANYAR, NusaBali
Putu Diah Pradnya Maharani,20, akan mengikuti jejak ayahnya I Made ‘Agus’ Mahayastra terjun ke dunia politik.

Wajah dara kelahiran 30 Oktober 2002 ini bahkan sudah diperkenalkan ke publik lewat kaos, baliho dan alat peraga kampanye lain. Namun wajah gadis yang akrab disapa Gek Diah ini tidak blak blakan dicantumkan sebagai caleg perempuan yang maju DPRD Provinsi Bali. Salah satunya saat fotonya disempilkan pada sebuah baliho pemberian dana hibah dari Pemkab Gianyar. Di bawah foto Gek Diah dicantumkan sebagai Putri Remaja Indonesia Intelegensia 2019. Hanya saja terkait informasi dirinya akan nyaleg, Gek Diah belum berhasil dikonfirmasi. Saat ini yang bersangkutan masih aktif kuliah jurusan Hubungan Internasional di salah satu universitas di Singapura.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPC PDIP Gianyar I Made ‘Agus’ Mahayastra yang juga ayah dari Putu Diah Pradnya Maharani tidak menampik informasi ini.

Mahayastra mengungkapkan jika putrinya yang akrab disapa Gek Diah itu akan bertarung di tingkat Provinsi (DPRD Provinsi Bali, Red). Sebagai orangtua, Mahayastra memberikan dorongan penuh. Lebih-lebih melihat potensi keterwakilan Caleg perempuan yang masih minim.

“Ya betul, karena sampai detik terakhir penjaringan pencalonan tidak ada satupun yang melamar di provinsi untuk kader perempuannya. Yang lain kita cari ndak ada. Kemudian teman-teman minta ke saya, akhirnya Gek Diah dipinang sama teman-teman untuk maju,” ujar Bupati Gianyar ini, Jumat (9/12).

Anak pertama dari tiga bersaudara ini sekarang masih kuliah di Singapura mengambil jurusan Hubungan Internasional. “Ya demi partai lah. Dan saya tanya juga ke Gek-nya, dan dia berkenan,” lanjutnya.

Saat ditanya mengenai baliho dan poster Gek Diah yang sudah mulai bertebaran? Mahayastra hanya bisa berharap langkah tersebut tidak ada hambatan. “Sudah fix, astungkara tidak ada hambatan. Kuota dua kader perempuan, yang satunya Bu Yuni (Luh Yuniati) incumbent,” jelasnya.

Putu Diah Pradnya Maharani nampaknya akan menjadi saingan cukup berat bagi lawannya di DPRD Provinsi Bali pada Pemilu 2024 mendatang. Sebab tidak hanya merupakan anak dari salah satu pentolan PDIP, ia juga memiliki sederet prestasi.

Di antaranya masuk semifinal Olimpiade Kimia Tingkat SMP se-Bali tahun 2017, menyabet medali perunggu pada Olimpiade Kimia Tingkat SMP se-Bali tahun 2018, dinobatkan sebagai Putri Remaja Bali 2019, serta dinobatkan sebagai Puteri Remaja Indonesia Intelegensia 2019. Gek Diah merupakan anak pertama dari I Made Mahayastra dengan Ida Ayu Surya Adnyani. Menjadi putri sulung yang memiliki dua orang adik, yakni Bagus Dwi Mahayana Putra dan Bagus Trisna Mahananda Putra. *nvi

Komentar