nusabali

2023, Politeknik Negeri Bali di Karangasem Dibuka

  • www.nusabali.com-2023-politeknik-negeri-bali-di-karangasem-dibuka

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana memastikan Politeknik Negeri Bali di Karangasem (PNBK) menerima mahasiswa tahun 2023.

PNBK telah kantongi izin operasional dari Dirjen Dikti dengan kampus di Gedung Satuan Pendidikan SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Karangasem.

Untuk angkatan I direncanakan merekrut mahasiswa dua kelas. Bupati I Gede Dana menyukuri akhirnya SK pelaksanaan perkuliahan di kampus ini bisa terbit. Izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 5625/D1/HK.03.00/2022, per 7 Desember 2022, ditandatangani Plt Sekretaris Dirjen Pendidikan Vokasi, Saryadi ST MBA. Bupati mengungkapkan hal itu saat menerima audiensi Lektor Kepala (jabatan fungsional pembina berpangkat minimal IVa) Politeknik Negeri Bali Drs I Dewa Made Mahayana MSi di Ruang Rapat Wakil Bupati Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Jumat (9/12).

Izin itu terbit setelah adanya Keputusan Menteri pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 362/D/OT/2022, per 30 November 2022 tentang Izin Pembukaan Program Studi di Luar Kampus Utama Perhotelan Program Diploma III dan Program Studi di Luar Kampus Utama Administrasi Bisnis Program Diploma III pada Polteknik Negeri Bali di Kabupaten Badung, ditandatangani atas nama Mendikbud Ristek dan Teknologi Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati.

PNBK akan menerima calon mahasiswa tamatan SMA, SMK atau MA, melalui tiga jalur yakni prestasi, SNPTN dan mandiri. Maka, masyarakat Karangasem tidak perlu kuliah ke luar Karangasem. PNBK nantinya merupakan kelas jauh dari Politeknik Negeri Bali di Badung. Banyak sisi positif ada perkuliahan di Karangasem. Antara lain, aktivitas kota jadi lebih ramai, roda ekonomi lebih hidup, dan sumber daya manusia di Karangasem meningkat. "Di samping itu, kuliah di Karangasem mampu menekan biaya. Tidak lagi kontrak rumah, tidak lagi perlu bekal untuk mahasiswa, karena tinggal di rumah sendiri," jelasnya.

kata Bupati I Gede Dana, PNBK ini tinggal menata fasilitas, selain untuk keperluan tata usaha, juga ruang perkuliahan. "Akhirnya perguruan tinggi negeri, bisa terwujud. Saya berharap ke depan animo masyarakat semakin meningkat kuliah di Politeknik Negeri Bali," harapnya.

Satuan pendidikan SKB yang jadi kampus Politeknik Negeri Bali telah dilengkapi aula, memanfaatkan beberapa ruang kelas yang ada. Selama ini yang memanfaatkan ruang kelas itu siswa kesetaraan paket B dan paket C.

Lektor Kepala Politeknik Negeri Bali I Dewa Made Mahayana mengatakan, dosen pengajar sementara masih menggunakan dosen dari Politeknik Negeri Bali. "Kami berupaya merekrut dosen dari Karangasem, sementara karena mendesak, kami melakukan proses kontrak dosen," jelasnya. *k16

Komentar