nusabali

Pembangunan Tahap I Pasar Singamandawa Tuntas

  • www.nusabali.com-pembangunan-tahap-i-pasar-singamandawa-tuntas

BANGLI, NusaBali
Pembangunan tahap I Pasar Singamandawa, Kecamatan Kintamani, Bangli, telah tuntas dikerjakan.

Bangunan pasar ini diresmikan oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, didampingin Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Kamis (8/12) sore. Bupati Sedana Arta merencanakan transaksi di Pasar Singamandawa dan lainnya menggunakan sistem nontunai atau cashless.

Bupati Sedana Arta mengatakan tahap I pembangunan pasar ini berfokus kepada struktur bangunan ruko. Bangunan ruko yang baru ini nantinya dapat memberikan kenyamanan bagi para calon pedagang maupun pembeli.  Proyek pembangunan Pasar Singamandawa tahap pertama menghabiskan dana Rp 7,2 miliar, dikerjakan selama 178 hari. Ke depan Pasar Singamandawa dan seluruh pasar di Bangli dapat mencontoh sistem pembayaran nontunai atau pembayaran digital melalui qris seperti di kabupaten lain.

Menurutnya, sudah banyak pasar yang mengadaptasi perkembangan zaman. "Sudah banyak diterapkan di pasar tradisonalnya. Sebagai contoh, ada pasar di luar Bangli yaitu Pasar Banjar di Buleleng, 100 persen non tunai," ungkapnya. Politisi PDIP ini menyebutkan jika akan dilakukan pembangunan tahap kedua di Pasar Singamandawa.

Dana yg di siapkan untuk proses pembangunan tahap dua ini sejumlah Rp 75 miliar.  "Tujuan pembangunan Pasar Singamandawa ini akan meningkatkan perputaran ekonomi tidak hanya di Kintamani, tetapi juga perekonomian di Bangli sehingga dapat meningkatkan pula PAD Bangli," tegasnya.

Bupati Sedana Arta meminta komitmen tegas dari para pedagang terhadap pengelola pasar untuk dapat membuka daganganya setiap hari, bukan tiga hari sekali.  Terkait pembangunan tahap kedua, Bupati Sedana Arta meminta kepada Dinas PUPR Perkim dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bangli untuk dapat menyelesaikan proses tender pembangunan Pasar Singamandawa tahap kedua pada akhir tahun ini. "Kami minta juga Inspektorat Bangli untuk mengawal proses tender tersebut agar dapat selesai tepat waktu sesuai dengan yang di rencanakan," ucapnya. Selain pembangunan di Pasar Singamandawa, pemerintah juga melakukan penataan Pasar Kidul, Pasar Lokasi Crana dan Pasar Singamandawa.*esa

Komentar