nusabali

UI, UGM dan ITB Top 3 Pertamuda Seed and Scale 2022

Mantapkan Kesiapan Bisnis, 10 Start Up Mahasiswa Jalani Mentoring One on One

  • www.nusabali.com-ui-ugm-dan-itb-top-3-pertamuda-seed-and-scale-2022

JAKARTA, NusaBali.com - Tiga tim start-up, Cody Kit (Institut Teknologi Bandung), Taman School (Universitas Indonesia) dan Gepo Energy (Universitas Gadjah Mada), berhasil menyisihkan finalis lainnya dalam kompetisi ide bisnis mahasiswa Pertamuda Seed and Scale 2022 yang diselenggarakan Pertamina, Kamis (8/12/2022).

Top 3 ini sebelumnya berjibaku melewati berbagai tahapan guna menyisihkan sebanyak 2.445 start-up peserta Pertamuda Seed and Scale 2022 yang berasal dari 386 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

Pada tahap final, Top 3 ini beradu presentasi bersama finalis lainnya yaitu Tirtanex dan Kawan bantu (Universitas Brawijaya), Goerami (Institut Pertanian Bogor), GID (Universitas Padjajaran), Panoptes Insight (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya), serta Foodie Well (Universitas Indonesia) di hadapan dewan juri.

Setelah dinyatakan lolos sebagai Top 3, ketiga tim mendapat kesempatan menerima dana pembinaan sebesar total Rp 300 juta yang diserahkan oleh Daniel S Purba, SVP Strategy & Investment, Direktorat SPPU, mewakili Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati pada awarding night. 

Nantinya tak hanya Top 3 yang mendapat dana pembinaan. Pertamina  juga menyerahkan dana pendampingan kepada kampus atau inkubator bisnis pendamping 3 terbaik senilai Rp 25 juta. 

“Dana pembinaan bukan tujuan akhir dari kompetisi ini. Terlepas menang atau tidak, perjuangan para finalis dalam membangun usaha hingga titik ini telah tervalidasi. Pertamuda dalam langkahnya berusaha membawa stakeholder lainnya yang bisa membantu pertumbuhan bisnis, pasca kompetisi ini,” ujar Heppy Wulansari, Pjs Vice President Corporate Communication Pertamina. 

Usai penentuan Top 3, rangkaian Pertamuda Seed and Scale 2022 akan ditutup dengan mentoring terhadap 10 besar. Mereka akan mendapatkan mentoring secara ketat, one on one dari para mentor yang ditunjuk oleh Pertamina. Mentoring akan berjalan selama 3 bulan di mulai sejak bulan Januari 2023 untuk lebih memantapkan para mahasiswa terjun ke dunia bisnis. 

Yang menarik pada babak final tahun ini, Pertamina  mengundang 30 besar peserta Pertamuda Seed and Scale 2022 untuk menggelar expo di lokasi yang sama. Mereka difasilitasi memamerkan produk dan ide bisnisnya. 

Pertamina secara khusus juga mengundang 17 investor dari kalangan BUMN dan swasta untuk berinteraksi dengan para peserta Pertamuda Seed and Scale. Tujuannya, para calon investor tersebut dapat mendukung pengembangan bisnis start-up lulusan Pertamuda Seed and Scale.

“Patut disyukuri dalam Forum Final Pitch hari ini, juga berhasil dicapai beberapa business matching antara beberapa peserta dengan investor yang hadir, diantaranya BNI Ventures dengan Gepo Energy & Vestanesia, Ibu Dian Onno dengan GID, VP CSR & SMEPP dengan Alternesia, BRI Ventures dengan Catalyzon, dan Gayo Capital dengan Tirtanex, GID, & Gourami,” tutur Heppy Wulansari.

Komentar