nusabali

Peserta Seleksi PPPK Nakes Ikuti CAT

  • www.nusabali.com-peserta-seleksi-pppk-nakes-ikuti-cat

SINGARAJA, NusaBali
Ratusan peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Kesehatan (Nakes) menjalani tes Computer Assisted Test (CAT), Jumat (9/12).

Seluruh pelamar 508 orang akan berebut 403 formasi yang dibuka pemerintah pusat untuk PPPK Nakes Kabupaten Buleleng. Pelaksanaan CAT sebenarnya sudah dimulai Kamis (8/12) lalu dan masih berlangsung Sabtu (10/12) dan Senin (12/12) mendatang di Poltekkes Denpasar. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng I Gede Wisnawa, menyebutkan dari pelaksanaan CAT selama dua hari tidak ada peserta seleksi yang absen. Seluruhnya hadir untuk mengikuti tes sesuai dengan jadwal.

“Dalam CAT ini seluruh peserta diuji wawasan kebangsaan, kompetensi keahlian, manajerial hingga tes wawancara langsung dalam satu kali tes. Nanti hasil kelulusannya ditentukan oleh sistem di pusat. Siapa yang meraih nilai tertinggi dia yang akan dinyatakan lolos,” ucap Wisnawa.

Menurut mantan Sekwan DPRD Buleleng dalam sistem rekrutmen PPPK Nakes, khusus hanya bisa diikuti oleh nakes yang sudah terdaftar dalam Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK) di Kementerian Kesehatan. Persaingannya pun akan sangat ketat, sebab jumlah pelamar melebihi jumlah formasi yang dibuka.

Sementara itu ratusan formasi PPPK Nakes itu terdiri dari bidan, perawat, dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis, psikolog klinis, nutrisionis, tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku, fisioterapis, laboran, sanitarian, hingga terapis gigi dan mulut. Formasi tersebut dibuka untuk memenuhi kebutuhan nakes di puskesmas-puskesmas dan RSUD di Buleleng.

Dari ratusan formasi yang dibuka, hingga pendaftaran administrasi beberapa formasi yang kosong, mulai dari dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis obstetri dan ginekologi, fisioterapis hingga sanitarian. Kekosongan formasi itu disebut Wisnawa terjadi karena tidak ada pelamar.

Seperti formasi 4 dokter umum, yakni 1 formasi di Puskesmas Busungbiu I dan 3 formasi di Puskesmas Gerokgak II. Selain juga 1 formasi dokter gigi di Puskesmas Tejakula II, 1 formasi Sanitarian di Puskesmas Buleleng I. Sedangkan dua formasi yang dibuka di RSUD Giri Emas yakni dokter spesialis obstetri dan ginekologi serta fisioterapis juga dinyatakan kosong. *k23

Komentar