nusabali

Gede Agastya TC di Jepang

  • www.nusabali.com-gede-agastya-tc-di-jepang

JAKARTA, NusaBali
 atau yang akrab disapa Agas mengikuti Training Camp (TC) di Tokyo, Jepang.

TC tersebut dilakoni usai Kejuaraan Grand Slam pada 1-5 Desember. Agastya akan berlatih bersama para pejudo peserta Grand Slam.

"Saat ini, Agas masih di Jepang hingga 9 Desember nanti. Lantaran setelah pertandingan ada Internasional Judo Training Camp. Di mana peserta Grand Slam berlatih bersama," ujar Agas , Rabu (7/12).

Latihan dilaksanakan dua sesi secara bergantian. Pejudo putra latihan bersama pukul 09.00-10.45 waktu setempat. Lalu pukul 13.00-15.00. Sedangkan pejudo putri pukul 10.45-12.45 dan pukul 15.00-17.00 waktu setempat.

Bagi Agastya, latihan bersama itu sangat penting. Dia dapat bertemu pejudo kelas dunia dan merasa kemampuan teknik bertanding pun bertambah.

"Karena latihan bersama di sini seperti simulasi pertandingan," kata Agas, yang meraih emas +100 kg SEA Games 2019 Filipina.

Agas sendiri tidak menuai hasil bagus di Grand Slam, karena langsung bertemu dan dikalahkan pejudo tuan rumah, Harasawa Hisayoshi pada Minggu (4/12).  Harasawa, kata Agas, peraih medali perak Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil dan gagal meraih medali di Olimpiade 2021 Tokyo. Sedangkan di Grand Slam meraih medali perunggu.

"Juara pertama dan ketiga di kelas saya, semua dari Jepang," kata anak pertama dari tiga bersaudara itu.

Meski kalah, Agas tidak kecewa hanya sampai babak pertama. Sebab, dia tidak menargetkan terlalu tinggi di Grand Slam. Selain itu, lawan yang dihadapi cukup kuat karena Harasawa merupakan pejudo yang memiliki banyak prestasi. Agas pun, banyak memetik pengalaman dari kejuaraan tersebut. Mulai dari mental bertanding sampai variasi judo.

"Kalau dari teknik, kami sama. Tapi, saya kurang variasi judo. Terutama sebelum melakukan bantingan. Variasi saya kurang baik dari pegangan dan sapuan kaki agar bisa melakukan full bantingan. Begitu pula dengan power. Ke depan, ini akan saya perbaiki," kata Gede Agastya Dharma Wardhana. *k22

Komentar