nusabali

KPU Klungkung Rekrut 20 PPK

  • www.nusabali.com-kpu-klungkung-rekrut-20-ppk

SEMARAPURA,NusaBali
KPU Kabupaten Klungkung merekrut 20 PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024.

Saat ini, sebanyak 67 orang pelamar tengah berebut 20 kursi PPK (bukan 12 kursi seperti berita sebelumnya,red) yang tersebar 4 kecamatan di Kabupaten Klungkung.

Anggota KPU/Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM (Sumber Daya Manusia) KPU Klungkung, Ida Bagus Nyoman

Barwata dikonfirmasi NusaBali, Rabu (7/12) mengatakan telah melaksanakan proses seleksi CAT (computer assisted test) untuk 67 para pelamar PPK. Seleksi CAT dilaksanakan pada Selasa (6/12).

Kata dia, sesuai juknis (petunjuk teknis) Nomor 476 tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Ad hoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota disebutkan, masing-masing kecamatan jumlah personil PPK adalah 5 orang. Karena di Kabupaten Klungkung ada 4 kecamatan, maka ada total sebanyak 20 orang PPK direkrut. “Saat ini baru sampai proses seleksi CAT,” ujar Barwata.

Kata Barwata, penetapan 15 besar atas hasil tes CAT akan di umumkan  8 -10 Desember 2022. "Selanjutnya akan dilaksanakan tes wawancara untuk penentuan 10 besar. Dari 10 besar tersebut, akan ditetapkan 5 calon PPK terpilih di masing-masing kecamatan. Penentuan 5 besar berdasarkan hasil seleksi. Ranking 1-5 ditetapkan sebagai calon terpilih, sementara ranking 6 sampai 10 akan menjadi Calon Pengganti Antar Waktu (PAW)," ujar Barwata.

Sebelumnya diberitakan, dalam seleksi CAT dari 67 pelamar, sebanyak 20 orang berebut di Kecamatan Klungkung, 17 orang berebut di Dawan, 16 orang di Banjarangkan dan 14 orang berebut di Nusa Penida. Barwata mengatakan dari 67 pelamar PPK yang bersaing didominasi tokoh masyarakat dan milenial. Rata-rata mereka sudah pernah pengalaman menjadi PPK. “Mayoritas peserta seleksi dari tokoh masyarakat, generasi muda. Mereka rata-rata sudah berpengalaman pernah jadi PPK," ujarnya. *Nat

Komentar