nusabali

Sanjaya Bidik 30 Kursi Dewan

Bebankan Tambahan 2 Kursi ke Edi Wirawan di Dapil Kediri-Marga

  • www.nusabali.com-sanjaya-bidik-30-kursi-dewan

Untuk Pemilu 2024, PDIP Tabanan tengah memperkuat konsolidasi ke masyarakat

TABANAN, NusaBali

Kabupaten Tabanan akan menjadi daerah ‘neraka’ bagi partai politik di Pemilu 2024. Bagaimana tidak, DPC PDI Perjuangan (PDIP) Tabanan membidik 30 kursi (75 %) dari total 40 kursi DPRD Tabanan.  

Hasil Pileg 2019, perolehan kursi dewan di Tabanan, PDIP menjadi jawara dengan 28 kursi, Golkar memperoleh 5 kursi, Gerindra dengan 3 kursi, NasDem 3 kursi dan Demokrat memperoleh 1 kursi. Kekuatan PDIP di Tabanan makin tak terbendung, karena memenangkan Pilkada 2020 dengan mengusung Komang Gede Sanjaya-Made Edi Wirawan. Sehingga tak heran, Sanjaya mentarget 30 kursi dewan.

Target besar tersebut diungkapkan Ketua DPC PDIP Tabanan Komang Gede Sanjaya usai rapat paripurna dewan di Gedung DPRD Tabanan, Rabu (7/12). Sanjaya yang juga Bupati Tabanan ini mengatakan, target 30 kursi dewan alias meningkat 2 kursi dari perolehan PDIP di Pemilu 2019 yakni 28 kursi tidak muluk-muluk.

Kata dia, untuk Pemilu 2024, PDIP Tabanan tengah memperkuat konsolidasi ke masyarakat. Ini dilakukan untuk mendapat suara yang maksimal sebagai partai pemegang tahta terbesar saat ini. Tambahan dua kursi ini, kata Sanjaya akan digenjot dari seluruh dapil potensial, salah satunya Dapil Kediri-Marga yang merupakan daerah ‘kekuasan’ Wabup Tabanan Made Edi Wirawan. Edi Wirawan pun dibebankan memecahkan rekor dengan menambah kursi untuk PDIP di Dapil Kediri-Marga. "Kita targetkan sih lagi 2 kursi, namanya target, astungkara berhasil, doa ya," ujar Sanjaya.

"Yang berpotensi dilirik itu, di rumahnya pak Wakil Bupati tuh, dapil IV yang jumlah penduduknya luar biasa banyak," kata Sanjaya dengan nada optimis.

Sementara, ketika ditanya soal dukungan Koster (Gubernur Bali,red) dua periode, Sanjaya belum bisa berkomentar banyak. Yang jelas dalam Pemilu 2024 nanti, kata dia PDIP Tabanan tunduk dengan keputusan partai. "Semua ada aturan mekanisme, tunduk kepada ketua umum partai, apapun perintah Ibu Mega (Ketua Umum PDIP) saya selaku prajurit tunduk," tandas politisi asal Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan ini.

Sementara, Wabup Edi Wirawan yang kemarin mendampingi Sanjaya menyatakan siap dengan pekerjaan rumah alias tambahan 2 kursi dewan di Kediri-Marga yang dibebankan Bupati Sanjaya. "Siap-siap," ujar Edi Wirawan. *des

Komentar