nusabali

Anggaran Terbatas, 2023 Nihil Pengadaan CCTV

  • www.nusabali.com-anggaran-terbatas-2023-nihil-pengadaan-cctv

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Klungkung tidak menambah pengadaan kamera CCTV Tahun 2023 mendatang akibat keterbatasan anggaran.

Kadis Kominfo Klungkung I Wayan Parna mengatakan, pengadaan kamera CCTV akan diajukan pada tahun 2024 setelah kondisi keuangan daerah semakin pulih. “Tahun depan tidak ada pengadaan CCTV,” ujar Parna, Rabu (7/12).

Saat ini setidaknya sudah terpasang 31 titik kamera CCTV di Klungkung. Di jalan raya terpasang sebanyak 12 CCTV, di Kota Semarapura terpasang 8 CCTV, dan di objek wisata terpasang 11 CCTV. Beberapa destinasi wisata yang sudah terpasang CCTV di Kecamatan Nusa Penida meliputi Broken Beach, Angle Billabong, Diamond Beach, Pantai Penida, Devil Tears, dan Pantai Atuh. Sementara objek wisata di Klungkung daratan CCTV sudah terpasang di Pantai Klotok, perbatasan Klungkung dan Gianyar, serta di Rest Area Goa Lawah. “CCTV ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat karena bisa dipantau,” imbuh Parna.

Selama ini rekaman CCTV sebagian besar diminta oleh aparat penegak hukum untuk pengungkapan kasus pencurian, kecelakaan lalu lintas, hingga narkotika. “Permintaan rekaman CCTV oleh pihak berwajib melalui surat resmi,” kata Parna. Selain itu, sejumlah masyarakat juga datang ke Diskominfo ingin melihat rekaman CCTV untuk beberapa keperluan. Seperti kehilangan helm, kehilangan anjing peliharaan, dan lainnya. Sesuai prosedur, Diskominfo tidak bisa memberikan rekaman CCTV sembarangan ke masyarakat.

Rekaman CCTV hanya diberikan ke kepolisian, itu pun setelah kepolisian bersurat secara resmi ke Diskominfo Klungkung. Apabila masyarakat ingin melihat rekaman CCTV Diskominfo, maka akan diarahkan ke kantor polisi untuk melapor. Nanti polisi menindaklanjutinya ke Diskominfo. *wan

Komentar