nusabali

Tes CAT Calon PPK Tabanan, 94 Orang Gugur

  • www.nusabali.com-tes-cat-calon-ppk-tabanan-94-orang-gugur

TABANAN, NusaBali
Pelamar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) persiapan Pemilu 2024 di Tabanan sudah proses tahapan tes computer assisted test (CAT), Selasa (6/12).

Dari 264 pelamar PPK, hanya 169 orang yang dinyatakan lolos mengikuti tes CAT. Sisanya sebanyak 94 orang gugur.
Tes CAT dilaksanakan di laboratorium SMKN 1 Tabanan. Para pelamar yang ikut tes bisa langsung mengetahui hasilnya. Nantinya KPU Tabanan selaku penyelenggara akan meranking nilai peserta untuk mencari 15 besar sesuai dengan jumlah tiga kali kebutuhan pelamar PPK di masing-masing kecamatan.

Ketua KPU Tabanan I Putu Gede Weda Subawa mengatakan tes CAT yang dilakukan oleh peserta hanya sekali. Begitu nanti hasilnya keluar, akan dilakukan perankingan nilai untuk menentukan 15 besar di masing-masing kecamatan, jika pelamar lebih dari 15.

Namun apabila pelamar kurang dari 15 orang, pelamar langsung dilakukan tes wawancara. “Sehingga peserta yang ranking 16 ke atas otomatis dinyatakan gugur dan tidak mengikuti tahapan selanjutnya,” kata Weda Subawa.

Menurutnya banyaknya pelamar PPK yang gugur, mencapai 94 orang, karena berbagai faktor. Rinciannya, 5 orang tidak datang mengikuti tes kemudian 89 orang tidak lolos seleksi administrasi.

“Yang tidak lolos administrasi karena tak mengupload berkas. Seperti ijazah dan lain-lain. Pendaftaran PPK kita lakukan sekarang secara online, beda dengan sebelumnya yang pelamar datang ke KPU,” ucap Weda Subawa.

Kini dengan sudah dilaksanakan tahapan tes CAT, KPU Tabanan tinggal merangkum atau meranking nilai para pelamar. Selain itu KPU Tabanan juga masih akan menunggu petunjuk dari KPU Bali mengenai adanya pelamar yang nilai tes CAT sama. “Rapat untuk membahas nilai peserta yang sama, baru akan dilakukan sore ini (kemarin). Rencana pengumuman dinyatakan lulus seleksi tes CAT akan kita lakukan dua hari lagi (Kamis),” beber Weda Subawa.

Dalam proses seleksi nanti, akan dijaring 5 orang kandidat terpilih. Sehingga dari ratusan pelamar, hanya akan dilantik 50 orang PPK untuk mengisi 10 kecamatan yang ada di Tabanan.

Sementara terkait dengan seleksi PPS (Panitia Pemungutan Suara), pendaftaran berlangsung pada 18 sampai 27 Desember 2022. Pendaftaran sama dengan PPK, yakni melalui aplikasi SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc). *des

Komentar