nusabali

Badung Raih Penghargaan Terbaik Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan

  • www.nusabali.com-badung-raih-penghargaan-terbaik-indeks-daya-saing-daerah-berkelanjutan

MANGUPURA, NusaBali
Kabupaten Badung meraih penghargaan Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan (IDSDB), karena meraih peringkat pertama.

Penghargaan diserahkan pada acara Katadata Regional Summit 2022 yang diselenggarakan di Menara Danareksa Jakarta, Kamis (1/12) lalu. Penghargaan terbaik yang diterima Kabupaten Badung diserahkan langsung oleh Dirjen Administrasi Kewilayahan Kemendagri Dr Safrizal ZA MSi Kepala Bappeda Kabupaten Badung I Made Wira Dharmajaya, mewakili Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

Selain Kabupaten Badung, peringkat kedua dan ketiga diikuti Kabupaten Trenggalek Jawa Timur dan Kabupaten Klungkung. Kabupaten Badung dinobatkan sebagai peringkat pertama karena manajemen tata kelola pembangunan yang baik lewat pengaruh filosofi hidup Tri Hita Karana.

Direktur Eksekutif Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Herman Suparman, yang juga bertindak sebagai anggota dewan penilai, mengatakan pembangunan atau kebijakan di Kabupaten Badung mencoba menyeimbangkan antara keselarasan dengan alam, keselarasan dengan manusia, dan juga keselarasan dengan makhluk hidup lain. Pihaknya pun berharap program ini bisa menjadi referensi dalam penyusunan kebijakan perencanaan anggaran, terutama dalam peningkatan daya saing daerah.

“Kami berharap program ini bisa menjadi referensi bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk proses penyusunan kebijakan perencanaan anggaran terkait dengan peningkatan daya saing daerah. Ini juga bisa menjadi referensi untuk kelompok usaha untuk bisa melihat seperti apa kinerja pemerintah daerah dalam peningkatan investasi,” ujarnya.

Herman menambahkan, apresiasi IDSDB ini terbagi dalam dua kategori, yakni kategori peringkat tiga kabupaten terbaik dan kategori inspirasi pilar. Ada empat pilar utama yang menjadi tolok ukur dalam proses penilaian tersebut. Keempat pilar itu adalah lingkungan lestari, ekonomi berkelanjutan, inklusi sosial, dan tata kelola berkelanjutan.

Adapun empat pilar tersebut berisi 17 kategori yang merupakan variabel-variabel yang digunakan sebagai indikator penilaian. Selain Badung, Trenggalek dan Klungkung, ada empat kabupaten yang berhasil menerima apresiasi IDSDB kategori inspirasi pilar. Empat kabupaten tersebut yakni Kabupaten Malinau, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Sanggau.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Badung I Made Wira Dharmajaya, mengatakan pemerintah Kabupaten Badung mendorong dinas-dinas yang ada untuk mengukur kinerja dengan data. “Setiap perangkat daerah yang menjadi pengampu dari target-target capaian tersebut harus bisa memperlihatkan sebuah prestasi berdasarkan dukungan data yang ada,” kata Wira pada sesi talk show.

Tak hanya itu, kata Wira, Kabupaten Badung juga membangun Badung Satu Data melalui Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 3 Tahun 2022, yang berisi data-data penunjang pelayanan masyarakat dan kepentingan penyelenggaraan pemerintahan. Hal ini menjadi upaya mendukung dengan program Satu Data yang mencakup level nasional. *ind

Komentar