nusabali

Siap Mental Lawan Spanyol, Pelatih Maroko Ungkap Rahasia Sukses Timnya

  • www.nusabali.com-siap-mental-lawan-spanyol-pelatih-maroko-ungkap-rahasia-sukses-timnya

DOHA, NusaBali
Pelatih Maroko Walid Reragui mengatakan negara-negara Afrika perlu mengubah dan meyiapkan mentalitas terhadap Piala Dunia.

Maroko pun tak gentar menghadapi Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Timnas  ‘Singa Atlas’ Maroko menjadi negara Afrika paling mengesankan sejauh ini. Mereka memuncaki grup yang diisi raksasa sepak bola, seperti Belgia, dan Kroasia. Mereka imbang tanpa gol dengan Kroasia di laga pembuka, lalu menang atas Belgia 2-0 dan Kanada 2-1.

Reragui dengan senyuman lebar duduk bersama Achraf Hakimi dalam konferensi pers, setelah kemenangan 2-1 atas Kanada.

Ada momen hangat karena pasangan ini mendapat tepuk tangan dari wartawan dari negara mereka.

Namun, puncak dari konferensi pers tersebut adalah ketika seorang jurnalis Libya mengajukan pertanyaan yang menakutkan; apakah  Maroko yakin mereka bisa melangkah jauh di Qatar?

Reragui menjawab lugas. Dia mendesak negara-negara Afrika untuk membidik lebih tinggi di Piala Dunia. Dia mengatakan, timnya menetapkan tujuan untuk memberikan semua yang dimiliki dan keluar dari babak grup.

"Setelah itu, kenapa tidak? Tujuan kami adalah langit tertinggi. Kami perlu mengubah mentalitas kami dan kami akan menjadi tim yang sulit dikalahkan. Mengapa tidak bermimpi memenangkan trofi itu? Sebagai tim Afrika, kami perlu menetapkan tujuan ini," kata Reragui.

Timnas  Maroko akan melawan Timnas  Spanyol pada babak 16 besar Piala Dunia 2022, Selasa (6/12) malam, pukul 23.00 Wita, si Stadion Education City, Al Rayyan.

Singa Atlas, julukan Maroko, lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup F. Maroko finis di posisi teratas klasemen Grup F dengan koleksi tujuh poin dari tiga pertandingan.

Maroko yang awalnya tidak diunggulkan, tampil mengejutkan lolos dari penyisihan dengan menumbangkan tim peringkat 2 dunia dalam rangking FIFA, yakni Belgia, dengan skor 2-0.

Kroasia, runner-up juara Dunia 2018 di Rusia pun mereka tahan imbang di matchday pertama babak penyisihan.

Menghadapi Spanyol di 16 besar, Walid Regragui dipercaya masih akan mengandalkan pemain utama saat mereka mengalahkan Kanada 2-1 di laga terakhir Grup F.

Dengan formasi tim 4-2-3-1, nama Youssef En-Nesyri masih mendapat kepercayaan pelatih sebagai ujung tombak di depan.  Nesyri akan disupoort barisan gelandang serang Hakim Ziyezh, Selim Amallah dan Sofiane Boufal. Winger Chelsea Hakim Ziyech tetap menjadi tumpuan Maroko di lini serang Singa Atlas.

Sementara itu, Timnas  Spanyol yang diasuh Luis Enrique bakal masih tampil menyerang seperti pada laga sebelumnya di babak penyisihan. Dengan formasi 4-3-3, trisula La Furia Roja yakni Ferran Torres, Alvaro Morata dan Dani Olmo bakal jadi starter. Mereka akan disupport gelandang Gavi, Sergio Busquets, dan Pedri.

Gaya tiki taka Barcelona akan tetap menjadi ciri khas Timnas  Spanyol yang memang banyak diperkuat pemain Barca. *

Perkiraan Susunan Pemain:
Maroko (4-2-3-1): Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Romain Saiss, Nayef Aguerd, Yahya Attiat-Allah; Azzedine Ounahi, Sofyan Amrabat; Selim Amallah, Sofiane Boufal, Hakim Ziyech; Youssef En-Nesyri.

Spanyol (4-3-3): Unai Simon (GK), Jordi Alba, Aymeric Laporte, Rodri, Dani Carvajal, Gavi, Sergio Busquets, Pedri, Ferran Torres, Alvaro Morata, Dani Olmo.

Komentar