nusabali

Dewan Pendidikan Buleleng Dorong Perluasan Akses Pendidikan

  • www.nusabali.com-dewan-pendidikan-buleleng-dorong-perluasan-akses-pendidikan

SINGARAJA, NusaBali - Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Buleleng mendorong peningkatan kualitas dan perluasan akses pendidikan di wilayah tersebut guna meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) di masa mendatang.

"Kami siap bersinergi dengan seluruh sekolah di wilayah Buleleng, mulai dari tingkat PAUD sampai SMP," kata Ketua Dewan Pendidikan Buleleng, Dr. I Made Sedana, S.Pd.,M.Pd saat sarasehan perdana Dewan Pendidikan di Kampus STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Jumat (2/12).

Dewan Pendidikan memiliki fungsi strategis dalam upaya peningkatan mutu pelayanan pendidikan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan. Menurut dia, dewan pendidikan adalah unsur dari masyarakat yang peduli terhadap nasib dan perkembangan pendidikan sebagai salah satu komponen penting menjadikan bangsa dan negara maju dan berdaya saing tinggi.

Apalagi, Buleleng sebagai salah satu kabupaten dengan wilayah yang berbukit dan daerah pesisir, sehingga permasalahan pemerataan/aksesibilitas menjadi masalah yang perlu dicarikan solusi bersama. Oleh karena itu, pihaknya siap turun ke sekolah-sekolah untuk bersama-sama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat dalam upaya memberikan advokasi dan penguatan tata kelola dan menyerap aspirasi sekolah demi manajemen pengelolaan yang lebih baik.

"Kami sudah menyiapkan beberapa program seperti DP berbagi, DP go, dan sebagainya dengan tujuan untuk memberikan solusi, bukan malah untuk mencari-cari kesalahan," papar dia.

Pihaknya bersama sembilan anggota DP lainnya lainnya sudah menyebar ke seluruh kecamatan di Buleleng dan siap mendampingi para kepala sekolah. Secara teknis, dewan pendidikan bersama masyarakat berperan dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan yang meliputi perencanaan, pengawasan, dan evaluasi program pendidikan melalui dewan pendidikan dan komite sekolah.

"Kami juga mengajak peran serta komite sekolah ke depan agar bagaimana partisipasi masyarakat dalam pendidikan itu nyata adanya," kata I Made Sedana. 7 ant

Komentar