nusabali

Undiksha Kejar Badan Hukum

  • www.nusabali.com-undiksha-kejar-badan-hukum

SINGARAJA, NusaBali - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mengejar status Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

Rencana tersebut diungkapkan dalam Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Program dan Penetapan Alokasi Anggaran Tahun 2024 di Jakarta, 2-4 Desember 2022.

Melalui agenda tahunan itu, Undiksha menetapkan lima program prioritas untuk direalisasikan dalam rangka mencapai sejumlah target, salah satunya menjadi PTN-BH. 

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr Gede Rasben Dantes memaparkan isu dan arah pembangunan pendidikan tinggi yang sekaligus masih menjadi tantangan, yakni penguatan mutu dan relevansi pendidikan tinggi, penguatan mutu dosen dan tenaga kependidikan, penguatan sistem tata kelola Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, dan reformasi digital di semua aspek layanan pendididikan. 

Empat hal tersebut menjadi acuan Undiksha dalam penyusunan program dan pelaksanaan operasional tahun 2024. Program tersebut, yaitu penguatan SDM dan sarana prasarana, student body, penguatan kurikulum, dan pendidikan karakter. "Lima program ini sebagai upaya untuk menjawab target capaian, yaitu Undiksha menjadi PTN-BH," ujarnya, Minggu (4/12).

Target capaian lainnya yaitu akreditasi internasional, dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri. Selain itu juga dapat meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dan mewujudkan Undiksha sebagai International Reputable University in Education and Leadership (IRUEL).  

Undiksha juga berupaya meningkatkan kualitas tata kelola setiap bidang, baik bidang akademik dan kerjasama, bidang perencanaan, perencanaan, keuangan, dan sumber daya, serta bidang kemahasiswaan. Sebagai perguruan tinggi yang sedang berkembang, Undiksha telah berhasil meraih berbagai prestasi tingkat nasional.

Pada kesempatan tersebut, Rasben Dantes juga menyampaikan pesan Rektor, I Nyoman Jampel yang akan mengakhiri masa jabatan periode keduanya pada April 2023 mendatang. "Agar civitas akademika selalu menjaga kebersamaan dan keharmonisan yang sudah terbangun. Terus berbenah untuk menjadi universitas unggul dan berdaya saing," tukasnya. 7mzk

Komentar