nusabali

Adi Arnawa Buka Penarungan Festival 2022

Ajak Masyarakat Menjaga Kearifan Lokal, Pelestarian Seni dan Budaya

  • www.nusabali.com-adi-arnawa-buka-penarungan-festival-2022

MANGUPURA, NusaBali - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta membuka Penarungan Festival Tahun 2022 yang diselenggarakan pertama kalinya di Wantilan Pura Dalem, Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi, Jumat (12/2).

Sebagai bentuk motivasi dan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Badung, Adi Arnawa menyerahkan punia senilai Rp 30 juta.

Pembukaan Penarungan Festival Tahun 2022 turut dihadiri Wakil Ketua I DPRD Badung I Wayan Suyasa beserta Anggota DPRD I Made Yudana, Kadis Dukcapil Badung AA Arimbawa, Kadis Kominfo I Gusti Ngurah Jaya Saputra beserta perwakilan OPD terkait di lingkungan Pemkab Badung, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Perbekel Penarungan Ni Wayan Kerni serta tokoh masyarakat setempat.

Dengan tagline ‘Desa Sejuta Pesona, berbagai kegiatan dan atraksi diselenggarakan dalam festival tersebut yang untuk pertama kalinya dilaksanakan, antara lain atraksi kuliner, budaya dan hiburan, pengenalan desa digital, pameran kerajinan dan UMKM. Selain itu juga digelar hiburan serta lomba-lomba.

Atas nama pemerintah Kabupaten Badung, Adi Arnawa memberikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat Desa Penarungan. Meskipun baru memasuki masa pemulihan setelah pandemi Covid-19, namun sudah mampu melaksanakan even yang luar biasa.

Adi Arnawa berharap berharap dengan semakin banyaknya destinasi yang ada di Badung akan memberikan ruang dalam mendorong pariwisata berkelanjutan di wilayah Kabupaten Badung. “Seiring bangkitnya pariwisata kita, satu-satunya yang harus kita lakukan sekarang adalah menjaga solidaritas, persatuan, dan kesatuan serta tidak keluar dari kearifan lokal, pelestarian seni dan budaya,” ujarnya.

Birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan ini menambahkan, kebangkitan pariwisata salah satunya imbas dari pelaksanaan KTT G20 di Nusa Dua yang telah berjalan sukses. Ternyata itu memberikan angin segar bagi pariwisata Badung. Terbukti dalam waktu dekat akan mendarat pesawat A380 dari Uni Emirat Arab yang diperkirakan mengangkut ratusan orang. “Tentu hal ini akan membuat pariwisata di Bali menggeliat, seiring dengan promosi yang kita lakukan dan seiring dengan suksesnya pelaksanaan G20,” katanya.

Di tengah pariwisata yang mulai bangkit, Adi Arnawa meminta masyarakat tidak terlena, karena saat ini kekhawatiran dunia internasional terhadap krisis pangan dan krisis energi. Oleh karena itu, dia mendorong pariwisata agar juga melestarikan bidang pertanian. “Paradigma pembangunan ke depan akan diubah, di bagian hulu itu tidak pariwisata tetapi pertanian, dan pariwisata akan menjadi bonusnya. Karena pangan itu sangat kita butuhkan dalam rangka kelanjutan hidup kita. Kalau ini bisa dijaga, dengan meningkatkan produksi, dengan menjaga alih fungsi lahan, saya yakin dan percaya pariwisata di Badung, Bali, dan Indonesia akan tetap berkelanjutan,” kata Adi Arnawa.

Sementara itu Perbekel Penarungan Ni Wayan Kerni, mengatakan pelaksanaan Penarungan Festival Tahun 2022 bertujuan untuk mengembangkan dan mempromosikan Desa Wisata Penarungan sekaligus meningkatkan perekonomian Desa Penarungan di bawah naungan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dalam pelaksanaan festival ini semua lapisan masyarakat dilibatkan, dari anak-anak TK dengan menampilkan drum band, tingkat SD ikut lomba melukis, tingkat SMP dengan peragaan busana, ibu-ibu PKK lomba karaoke dan tari cak wanita, lomba busana berpasangan untuk lansia, hingga masyarakat umum juga berpartisipasi.

“Semoga dengan dilaksanakan festival ini, Desa Wisata Penarungan bisa lebih dikenal masyarakat luas sebagai destinasi wisata dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya. ind

Komentar