nusabali

Pertama Kali dalam 28 Tahun di Piala Dunia, Semua Tim Pernah Kalah di Fase Grup

  • www.nusabali.com-pertama-kali-dalam-28-tahun-di-piala-dunia-semua-tim-pernah-kalah-di-fase-grup

DOHA, Nusabali
Fase penyisihan grup Piala Dunia 2022 rampung digelar. Empat pertandingan terakhir tersaji sejak Jumat (2/12) malam hingga Sabtu (3/12) dinihari Wita.

Keempat laga itu dua dari Grup G dan dua dari Grup H. Empat laga terakhir itu juga menghasilkan kejutan, saat Portugal dipermalukan Korea Selatan 1-2 dan Brasil kalah 0-1 dari Kamerun.

Dimulai laga pamungkas Grup H, mempertemukan Korea Selatan vs Portugal dan Ghana vs Uruguay. Portugal yang belum terkalahkan dalam dua laga awal, harus gigit jari di laga terakhirnya, saat dipaksa menyerah 1-2 dari Korea Selatan.

Kekalahan itu membuat Portugal gagal mendulang poin sempurna dari tiga laga di fase grup. Meski demikian, Portugal tetap lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup H, bersama Korea Selatan.

Sedangkan dari Grup G ada laga Serbia vs Swiss dan Kamerun vs Brasil. Serbia harus mengakui keunggulan Swiss 2-3. Sedangkan Brasil, yang tak terkalahkan dalam dua laga awal, bernasib sama dengan Portugal. Mereka ditekuk Kamerun 0-1.

Catatan itu membuat Brasil gagal mendulang angka penuh dari tiga pertandingan fase grup, meski Tim Samba berhak lolos ke 16 besar sebagai juara grup. Torehan itu bukan hanya kabar buruk bagi Brasil dan Portugal. Namun, catatan itu membuat tidak ada satu pun tim yang meraih poin sempurna di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Ya, tidak ada satu negara yang berhasil menyapu bersih tiga kemenangan di babak grup. Sebelumnya, ada Prancis yang berpotensi menyabet tiga kemenangan di fase grup. Sayangnya, Prancis juga takluk 0-1 dari Tunisia pada 30 November 2022 .

Hal itu yang pertama kalinya sejak Piala Dunia 1994, di Amerika Serikat. Itu artinya, Piala Dunia edisi kali ini mengulangi catatan 28 tahun silam.

Sebelumnya pada Piala Dunia 2018 ada tiga tim yang mampu mencatat sembilan poin penuh di babak grup, yakni Uruguay, Kroasia dan Belgia. Di edisi lebih lawas, yaitu Piala Dunia 2014, terdapat empat tim yakni Belanda, Kolombia, Argentina dan Belgia, yang meraih poin sempurna.

Juga pada Piala 2010. Terdapat dua tim, yakni Argentina dan Belanda, yang mampu menang tiga laga di fase grup. Sedangkan, di Piala Dunia 2006, terdapat empat tim yang menyapu bersih kemenangan di penyisihan grup, yakni Jerman, Portugal, Brasil dan Spanyol.

Pada edisi 2002, tim yang meraih poin sempurna adalah Spanyol dan Brasil. Sedangkan edisi 1998, tim dengan poin sempurna adalah Prancis dan Argentina.

Catatan itu jadi hal fakta yang unik. Meskipun ketiga tim yang sebelumnya berpotensi meraih tiga kemenangan di fase grup Piala Dunia 2022, yaitu Prancis, Brasil, dan Portugal tetap lolos ke 16 besar sebagai juara grup. *

Komentar