nusabali

Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2022, Denpasar Beri Ruang Ekspresi dan Kreativitas bagi Disabilitas

  • www.nusabali.com-peringatan-hari-disabilitas-internasional-2022-denpasar-beri-ruang-ekspresi-dan-kreativitas-bagi-disabilitas

DENPASAR, NusaBali
Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2022 berlangsung meriah di ruang Taksu Gedung Dharma Negara Alaya, Lumintang, Denpasar, Sabtu (3/12).

Kreativitas para penyandang disabilitas dari tuna daksa, tuna netra, autis, down syndrome, hingga disabilitas tuli di Kota Denpasar dipertunjukkan di hadapan undangan. Kreativitas disabilitas dalam acara HDI 2022 Kota Denpasar dimeriahkan SLB Negeri 2 Denpasar, Yayasan Susrusa, Pusat Layanan Disabilitas, Rumah Berdaya, Yayasan Driaraba, dan Yayasan Sayangi Bali  Hadir menyaksikan aksi panggung disabilitas, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa; Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana; Ketua Komisi IV DPRD Denpasar Wayan Duaja.  

Hadir pula Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar,  Sagung Antari Jaya Negara beserta Wakil Ketua Ayu Kristi Arya Wibawa; Ketua DWP Denpasar  Ida Ayu Widnyani Wiradana; Kadis Sosial Denpasar, I Gusti Ayu Laksmi Saraswati.  "Keterbatasan bukan halangan untuk berkreativitas, hal ini tentu dapat terus kita dukung bersama memberikan semangat serta ruang kreativitas kepada penyandang disabilitas," ujar Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa.

Lebih lanjut disampaikan program penyandang disabilitas di Kota Denpasar tidak terlepas dari sinergitas bersama para donatur maupun BUMN, perbankan dan perusahaan swasta melalui  program Coorporate Social Responsibility (CSR). “Hal ini sesuai visi-misi yang kami bangun serta program prioritas yang kami rencanakan, digerakkan oleh Weda Wakya Vasudaiva Khutumbakam yang mengandung makna dalam kehidupan ini kita semua bersaudara, atau menyama braya,” kata Wakil Walikota.

Sementara itu Ketua K3S Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara menyampaikan peringatan HDI untuk bersama-sama memberikan semangat dalam meningkatkan kesetaraan, kesempatan dan aksesibilitas bagi disabilitas. Di samping itu pula disampaikan dalam peringatan HDI memberikan kesempatan disabilitas untuk menampilkan kreativitas mereka. Seperti menari, bermain musik, bernyanyi, hingga fashion show.  

Sementara Kadis Sosial, I Gusti Ayu Laksmi Saraswati menyampaikan peringatan HDI tahun 2022 berlangsung sederhana dengan berbagai agenda acara yang melibatkan disabilitas.  Tema peringataan HDI tahun ini di Kota Denpasar bertajuk ‘Gempita Ekspresi Disabilitas’ di mana Peringatan HDI 2022 ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama tanpa diskriminasi bagi mereka penyandang disabilitas di tengah masyarakat.

Dalam menyambut HDI di Kota Denpasar, Dinsos Kota Denpasar telah melakukan kegiatan-kegiatan untuk mendukung disabilitas agar lebih produktif, mandiri dan bahagia. Yakni Pelatihan literasi 'Happy Journaling' bagi komunitas bipolar (mental disorder), parenting group  menguatkan bagi orangtua anak berkebutuhan khusus.

Para disabilitas juga mendapat tempat khusus yakni Graha Nawasena (eks Rumah Pintar), dimana tempat  ini memberikan ruang penuh kepada disabilitas Kota Denpasar berwirausaha serta memarken hasil usahanya baik kuliner, seni dan kriya. *mis

Komentar