nusabali

Jelang Libur Nataru, Pawiba Minta Wisdom Gunakan Kendaraan Lokal

  • www.nusabali.com-jelang-libur-nataru-pawiba-minta-wisdom-gunakan-kendaraan-lokal

DENPASAR, NusaBali
Pengusaha angkutan wisata yang tergabung dalam wadah Perhimpunan Angkutan Wisata Bali (Pawiba) berharap wisatawan terutama wisatawan domestik (wisdom) yang berwisata ke Pulau Dewata pada liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), memanfaatkan armada atau angkutan lokal di Bali, khususnya kendaraan anggota Pawiba.

Tujuannya agar anggota Pawiba  tidak ‘menganggur’ sehingga dapat bertahan. Ketua Pawiba Bali I Nyoman Sudiartha menyampaikan, Jumat (2/12), jumlah kendaraan anggota Pawiba tidak lebih dari 500 unit untuk semua kategori. Mulai dari angkutan mikro, medium, dan besar. Jumlah 500 unit merupakan sisa dari sekitar 2.000 unit armada anggota Pawiba sebelum pandemi. Sedang 1.500 unit telah ‘lenyap’. Ada yang terpaksa dijual murah oleh pemiliknya, ada yang ditarik leasing akibat tidak mampu membayar kredit.  

Semua itu akibat hantaman pandemi Covid-19, yang menyebabkan pariwisata Bali terpuruk. “Usaha angkutan wisata terpuruk, pemilik angkutan tidak ada pendapatan, sehingga banyak tidak mampu membayar tunggakan kredit,” kata Sudiartha.

Dengan sedikit armada yang masih tersisa itulah, Pawiba ‘memohon’ agar wisatawan, khususnya wisatawan domestik menggunakan armada Pawiba. “Harapan kami, jangan bawa bus besar ke Bali, gunakan armada yang ada di sini,” pintanya.

Jumlah anggota Pawiba, menurut Sudiartha, juga menyusut. Dari awalnya 139, yang aktif kini sekitar 80 pengusaha.  Mengangkut warga untuk kegiatan sosial, adat, dan keagamaan seperti maturan ke pura- pura atau tirta yatra, upacara perkawinan, dan perhelatan musiman lain membantu menyelamatkan angkutan wisata untuk bisa bertahan. “Namun itu tidak rutin, musiman,” ujarnya.

Karena itulah keramaian wisatawan saat libur Nataru, diharapkan Sudiartha berdampak positif untuk angkutan wisata di Bali. *k17

Komentar