nusabali

Kadistan Pangan Bali: Bantuan Mesin Penggiling Padi Diberikan di 2023

  • www.nusabali.com-kadistan-pangan-bali-bantuan-mesin-penggiling-padi-diberikan-di-2023

TABANAN, NusaBali
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Kadistan Pangan) Bali I Wayan Sunada menyampaikan bahwa bantuan kepada petani berupa mesin penggiling padi atau penyosohan akan diserahkan pada tahun 2023.

“Itu penyosohan RMU (Rice Milling Unit), itu sudah kita usulkan melalui Gubernur Wayan Koster ke Kementerian BUMN unit RMU. Nanti akan kita tempatkan di Tabanan, Desa Meliling, akan di tahun 2023,” kata Sunada saat dijumpai dalam Festival Petani Mandiri di Kabupaten Tabanan, Kamis (1/12/2022).

Selain di Kabupaten Tabanan, lanjutnya, pejabat Pemprov Bali itu menyebut Kabupaten Jembrana juga akan diberikan bantuan mesin penggiling padi di tahun yang sama.

“Harapan kita supaya gabah yang kita produksi sendiri kita akan olah di Bali, sehingga kita tidak usah lagi mendatangkan beras untuk Bali,” ujar Sunada sekaligus menyampaikan bahwa mesin yang akan didatangkan berkapasitas cukup besar.

Rencana pemberian bantuan mesin penggiling padi sebelumnya sempat disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster dalam festival pangan lokal Bali pada Kamis (3/11) lalu dan disambut gembira petani.

Salah satu kelompok tani dari Kabupaten Tabanan, yaitu Kelompok Maja Tani Soka mengaku mesin RMU tersebut akan sangat membantu dalam hal mengurangi biaya.

“Itu salah satu penunjang untuk produksi ke depannya, lebih semangat lah petani kalau dukungan pemerintah terealisasi atau tepat sasaran. Jadi tidak perlu bayar, itu seperti polanya gubernur bahkan presiden, kita diarahkan jadi petani mandiri, kalau tidak ke penyosohan atau bayar kan mandiri,” kata Ketua Kelompok Maja Tani Soka Nengah Sunanjaya.

Meskipun belum dapat dipastikan nantinya siapa yang akan mengelola mesin tersebut, Sunanjaya menaruh harapan agar pemerintah memberikan bantuan untuk kelompok taninya yang selama ini harus membayar jasa penyosohan.

Sementara itu, Pekaseh Subak Jatiluwih Wayan Mustra sebagai salah satu pemilik penyosohan yang digunakan petani mengaku bahwa mesin penggiling padi itu adalah pendukung yang penting.

“Punya saya sendiri mampu menggiling gabah 1 ton dalam satu jam, itu sudah besar dan kapasitas di sini cukup. Dalam sehari tergantung permintaan tetapi bisa sampai 8 ton,” kata Mustra kepada media di Tabanan.

Mustra menyampaikan bahwa sesungguhnya jumlah penyosohan di Kabupaten Tabanan khususnya wilayah Jatiluwih tergolong banyak, meskipun milik individu, sehingga dirinya mendorong agar pemerintah memberikan dukungan alat lainnya.

“Kalau penyosohan di sini sudah banyak, mungkin itu yang kita berdayakan dulu. Kalau ada dana mungkin di pengeringan menggunakan solar panel yang di atap. Kalau ada bantuan sepertinya tetap bayar karena untuk operasionalnya,” imbuh Mustra. *ant

Komentar