nusabali

Jepang Sensasional, Jerman Tersingkir Lagi

  • www.nusabali.com-jepang-sensasional-jerman-tersingkir-lagi

JAKARTA, NusaBali
Timnas Jepang kembali menciptakan sensasi besar dalam Piala Dunia 2022 dengan menjungkalkan Spanyol 2-1 dalam pertandingan terakhirnya di Grup E yang berlangsung di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar, Jumat (2/12) dinihari.

Hasil itu merupakan pencapaian fantastis kedua setelah mereka juga menumbangkan juara dunia empat kali Jerman pada laga pertama grup mereka.

Hasil itu juga kembali membuat Jepang mengejutkan semua orang karena finis urutan teratas dalam grup neraka yang dihuni dua mantan juara dunia, Spanyol dan Jerman. Kemenangan tersebut juga mengusir Jerman lebih awal dari Piala Dunia seperti terjadi dalam edisi empat tahun lalu di Rusia. Jepang selanjutnya akan menantang Kroasia dalam babak 16 besar, sedangkan Spanyol menghadapi Maroko.

Dua pemain yang memasukkan gol ke gawang Spanyol adalah juga dua pemain yang melesakkan gol ke gawang Jerman. Alvaro Morata membawa Spanyol unggul lebih dulu lewat gol dari sundulannya. Tetapi Ritsu Doan dan Ao Tanaka kembali membuat Jepang membalikkan keadaan seperti saat menghadapi Jerman. Gol Tanaka termasuk kontroversial setelah VAR memutuskan Kaoru Mitoma mempertahankan bola yang terlihat sudah keluar garis permainan.

Dalam pertandingan lainnya, Jerman gagal ke babak 16 besar untuk kedua kalinya secara beruntun meski mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2 pada jam yang sama. Gol Jerman diciptakan oleh Serge Gnabry pada menit ke-10, Kai Havertz pada menit 73 dan 85, serta dan Niclas Fullkrug dalam menit ke-89. Sedangkan dua gol Kosta Rika dibuat oleh Yeltsin Tejeda pada menit 58 dan Juan Pablo Vargas pada menit 70.

Hasil dua pertandingan terakhir Grup E membuat Jepang memuncaki klasemen dengan 6 poin, sedangkan Spanyol dan Jerman mengemas 4 poin dan hanya dibedakan oleh selisih gol yang sialnya tidak berpihak kepada Jerman. Kosta Rika yang mengumpulkan tiga poin dari kemengan atas Jepang pada laga kedua, menduduki perigkat terbawah grup ini.

Striker Timnas Jerman Thomas Mueller mengatakan tersingkirnya Jerman dari fase grup Piala Dunia untuk kedua kalinya secara beruntun’benar-benar bencana’. Jerman mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2 pada laga terakhir Grup E, namun Spanyol tersandung 1-2  di tangan Jepang yang berarti Jerman finis peringkat tiga klasemen di belakang Spanyol, saat kedua tim Eropa itu mengantongi sama-sama empat poin dan peringkat ditentukan oleh selisih gol. "Ini sangat pahit bagi kami karena hasil ini seharusnya cukup," kata Mueller dilansir antara.

"Ini adalah perasaan ketidakberdayaan." Mueller menjadi bagian skuad Jerman yang meraih trofi Piala Dunia 2014 dan juga membela negaranya saat tersisih dari fase yang sama empat tahun lalu di Rusia. Kelolosan Jepang dan terdepaknya Jerman masih disebut-sebut sebuah kontroversi. Pada kenyataannya, teknologi sepakbola yang selamatkan Samurai Biru.

Jepang berhadapan dengan Spanyol di Khalifa Stadium, Doha, dalam matchday ketiga Grup E Piala Dunia 2022, Jumat dini hari Wita. Di saat bersamaan, Jerman harus menang melawan Kosta Rika dan berharap Jepang kalah lawan Spanyol.

Spanyol unggul 1-0 duluan di babak pertama lewat gol Alvaro Morata. Jepang bangkit di babak kedua hingga balik menang 2-1 melalui gol Ritsu Doan dan Ao Tanaka. Gol kedua Jepang dinilai kontroversi.

Bola umpan tarik dari Kaoru Mitoma ke Tanaka sempat dianggap sudah lebih dulu meninggalkan lapangan. Beberapa angle tayangan ulang di televisi memang terlihat jelas kalau bola sudah ke luar lapangan. Wasit Victor Gomes kemudian berkomunikasi dengan para petugas Video Assistant Referees (VAR), terlebih teknologi yang ada pada bola tidak memberi sinyal apapun.

Setelah hasil analisa VAR keluar dengan memperlihatkan grafis angle kamera atas. Ada setidaknya mili meter bagian bola belum keluar lapangan dan teknologi justru menyelamatkan Jepang dari keputusan yang tak adil. Jika merujuk pada tersingkirnya Jerman, hal itu sudah jelas kesalahan diri sendiri. Jerman kalah melawan Jepang dan cuma imbang dengan Spanyol sehingga membuat juara Piala Dunia 2014 itu harus bergantung nasibnya pada laga lain, meski mampu melibas Kosta Rika 4-2.

"Tersingkirnya kami dari turnamen diputuskan dalam 20 menit terakhir melawan Jepang, bukan hari ini. Kami tidak cukup klinis sepanjang turnamen. Kami sangat kecewa dan perlu waktu untuk memproses ini," kata pelatih Jerman Hansi Flick di situs resmi federasi Jerman dilansir detik.com. Jepang akan menantang Kroasia dalam babak 16 besar, sedangkan Spanyol menghadapi Maroko. *ant

Komentar