nusabali

4 Kabupaten Kerjasama Penanggulangan Kebakaran

Terutama untuk Kawasan Suci Pura Besakih

  • www.nusabali.com-4-kabupaten-kerjasama-penanggulangan-kebakaran

AMLAPURA, NusaBali
Gubernur Bali Wayan Koster menyaksikan langsung penandatanganan MoU Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Wilayah Berbatasan antara 4 Kabupaten Penyangga Kawasan Suci Besakih di Aula Gedung Parkir Manik Mas Kawasan Suci Besakih, Jumat (2/12) siang.

Penandatanganan tersebut dilaksanakan oleh Kabupaten Karangasem, Kabupaten Bangli, Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Buleleng. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Karangasem I Gede Dana menjelaskan bahwa penandatanganan MoU dimaksud adalah sebagai dasar upaya penyelamatan dan penanggulangan bencana bila terjadi hal yang tidak diinginkan di kawasan suci Besakih. "Besakih adalah kawasan suci, jadi kita perlu bersiap menanggulangi semua kemungkinan. Kerjasama ini kami inisiasi dengan melibatkan kabupaten penyangga Besakih guna melindungi beberapa bangunan dan fasilitas umum bernilai strategis," kata Bupati Gede Dana.

Selain itu, juga dijelaskan tentang upaya penanggulangan kebakaran dan bencana di beberapa kawasan lain yang punya peran strategis bagi Pulau Dewata seperti Pelabuhan Padangbai, Depo Pertamina hingga Hutan Gunung Agung. "Apalagi Penataan yang besar dan serius sudah dilaksanakan oleh bapak gubernur. Kita harus berupaya menjaga bersama. Karangasem masih terbatas personelnya dengan hanya 2 pos pemadam kebakaran. Kita ingin lebih siap untuk upaya penanganan penanggulangan bencana," tandas Gede Dana.

"Kami sudah lakukan komunikasi dan kolaborasi lintas kabupaten untuk ini dan terima kasih pula bapak gubernur, setelah sejak bangku SMA saya dengar hanya wacana (penataan Besakih, Red) dan saat ini saya menjadi bupati baru ditata oleh bapak gubernur. Kami sebagai pengampu sangat senang dan mensyukuri adanya penataan ini," ungkapnya.

Sementara itu Kasatpol PP Provinsi Bali, I Dewa Nyoman Rai Dharmadi dalam keterangannya seusai acara mengatakan perjanjian ini memang sangat penting dilakukan sehingga keterbatasan armada dan personel terutama di kawasan Besakih bisa teratasi. "Upaya penanggulangan bencana untuk kawasan perbatasan antar kabupaten memang perlu ada kerjasama. Sehingga ada kesepakatan bilamana ada bencana. Dan ini juga termasuk untuk proses-proses evakuasi dan memang perlu untuk dilaksanakan lintas kabupaten," tutup Rai Dharmadi.

Sedangkan Kadis Pemadam Kebakaran Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah menilai kerjasama ini sangat penting dan sangat bermanfaat. Selain lebih cepat melakukan penanganan saat kebakaran dengan berbagi tugas melakukan penyelamatan di lapangan, juga bersama-sama melakukan antisipasi. "Terlebih lagi di Pura Besakih, saat rangkaian Karya Agung Ida Bhatara Turun Kabeh, puluhan ribu kendaraan setiap hari lalulalang, petugas pemadam kebakaran ambil bagian dalam melakukan pengamanan. Sebab, kondisi kendaraan berbeda-beda, mencegah terjadinya korsleting kendaraan yang menimbulkan kebakaran," jelasnya.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kadis PUPR Provinsi Bali Nusakti Yasa Wedha, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta dan Sekda Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra. *k16

Komentar