nusabali

Bikin Kejutan, Maroko Kangkangi Belgia dan Kroasia

  • www.nusabali.com-bikin-kejutan-maroko-kangkangi-belgia-dan-kroasia

DOHA, NusaBali
Maroko secara mengejutkan menjuarai Grup F Piala Dunia 2022. Padahal mereka menjadi underdog di grup yang diperkirakan didominasi Belgia (peringkat dua dunia) dan Kroasia (runner up Piala Dunia 2018).

Maroko ke 16 besar Piala Dunia untuk pertama kali dalam 36 tahun setelah menang 2-1 atas Kanada, dalam laga terakhir Grup F Piala Dunia Qatar 2022, Kamis (1/12) malam.

Hakim Ziyech dan Youssef En-Nesyri memastikan tim Afrika Utara itu finis di puncak klasemen grup dengan kedua gol mereka. Satu gol balasan Kanada dicetak Nayef Aguerd.

Itu kemenangan kedua Maroko dalam grup tersebut setelah juga mengalahkan Belgia dalam laga kedua. Mereka menjadi tim tak terkalahkan di grup F.  Hasil lainnya seri lawan Kroasia.

Dalam laga lainnya, Belgia imbang 0-0 melawan Kroasia sehingga hanya bisa finis urutan ketiga dengan 4 poin.

Belgia hanya mencetak satu gol selama turnamen ini yang bahkan kalah produktif dibandingkan peringkat empat Kanada, tapi gawang Kanada dibobol tujuh kali. Kanada juga kalah dalam semua dari tiga laga fase grup.

Maroko, terakhir kali mencapai babak gugur pada Piala Dunia 1986. Mereka akan menghadapi runner-up Grup E pada babak 16 besar, dengan kepastian lawan mereka akan diketahui Jumat dini hari ini.

Sedangkan Kanada harus mengakhiri Piala Dunia tahun ini dengan mengecewakan setelah kalah dalam tiga laga grup saat kembali ke putaran final yang telah lama ditunggu-tunggu.

Maroko yang sebelumnya pada Minggu mengalahkan Belgia 2-0 sebenarnya cukup bermain seri melawan Kanada untuk memastikan maju ke 16 besar. Dalam pertandingan di StadionAl Thumama itu, Maroko dapat membuka skor ketika laga baru berjalan empat menit.

Kapten sekaligus penjaga gawang Kanada Milan Borjan berlari keluar dari barisan untuk menyapu backpass Steven Vitoria tetapi hanya bisa menyaksikan bola jatuh ke kaki pemain Maroko Hakim Ziyech. Bintang Chelsea itu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melesakkan bola ke gawang kosong.

Maroko dalam klasemen grup mengoleksi tujuh poin dari dua kali menang dan sekali seri, sedangkan Kroasia berada pada urutan kedua dengan lima poin setelah mencatat sekali menang dan dua kali seri. *ant

Komentar