nusabali

Modric Lega Kroasia Lolos Pelatih Belgia Langsung Pamit

  • www.nusabali.com-modric-lega-kroasia-lolos-pelatih-belgia-langsung-pamit

DOHA, NusaBali
Kapten tim Kroasia Luka Modric mengaku sangat gembira mencapai babak knockout Piala Dunia 2022, usai timnya menahan Belgia 0-0 pada Kamis (2/12) malam.

Sedangkan pelatih Belgia Roberto Martinez langsung pamit mundur. Satu poin cukup membawa Kroasia yang finalis empat tahun lalu itu menempati posisi kedua Grup F, yang sekaligus membuat Belgia tersingkir. "Kami sangat bergembira bahwa kami berada di 16 besar, Kami pantas mendapatkannya mengingat permainan yang kami mainkan. Kami melewati momen yang sangat sulit saat kami bermain melawan tim hebat,"," kata Modric, Jumat (2/12).

"Hari ini kami sudah membuktikan bahwa kami adalah tim papan atas, bahwa kami bisa bermain melawan siapa pun, dan siapa pun yang datang kemudian, tidak akan mudah melawan kami,"kata Modric.

Sementara itu, pelatih Belgia Roberto Martinez mundur setelah timnya tersingkir, menyusul imbang 0-0 lawan Kroasia pada Kamis malam. Pria Spanyol itu melatih Belgia sejak 2016 dan kontraknya akan habis setelah turnamen ini.

“Itu pertandingan terakhir saya dengan tim nasional, saya tidak dapat melanjutkannya,” kata Martinez. Martinez mengakatakan, sudah saatnya bagi dirinya untuk menyatakan perpisahan. Martinez pernah memimpin Belgia ke tempat ketiga Piala Dunia 2018 di Rusia dan perempat final Euro 2020 .

Tapi timnya yang sudah ketuaan gagal mengulang performa itu di Qatar. Mereka tersingkir setelah hanya mencetak satu gol dalam tiga laga. Martinez mengaku sudah berencana hengkang setelah Piala Dunia kali ini.

"Itulah akhirnya, apa pun yang akan terjadi, apakah kami juara dunia atau kami tersingkir pada babak penyisihan grup. Ini tidak ada hubungannya dengan tersingkir dari fase grup ini," kata eks pelatih Everton itu.

"Sejak 2018 saya memiliki banyak kesempatan untuk mundur guna bekerja di level klub, tetapi saya ingin setia. Saya tidak mengundurkan diri, ini akhir kontrak saya,”katanya.

Belgia diharuskan memenangi pertandingan terakhir Grup F untuk memastikan mencapai16 besar setelah menang 1-0 atas Kanada dan menyerah 0-2 dari Maroko.

Sedangkan pelatih Kroasia Zlatko Dalic percaya Martinez tidak akan kesulitan mendapatkan tawaran kerja baru. Menurut Dalic, Belgia kehilangan seorang profesional yang hebat. Selama empat tahun berturut-turut mereka di peringkat pertama FIFA. *ant

Komentar