nusabali

Study Balasan Asosiasi UMKM Sumut, Ingin Terapkan Pariwisata Gianyar ke Sumut

  • www.nusabali.com-study-balasan-asosiasi-umkm-sumut-ingin-terapkan-pariwisata-gianyar-ke-sumut

GIANYAR, NusaBali
Menindaklanjuti kunjungan studi komparatif dari BPD (Badan Permusyawaratan Desa) se-Kabupaten Gianyar ke Sumatera Utara beberapa waktu lalu, Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumatera Utara, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, dan Fakultas Pertanian Agribisnis Universitas Sumatera Utara melaksanakan kunjungan Study Balasan ke Kabupaten Gianyar.

Rombongan diterima Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra di Ruang Rapat Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, Jumat (2/12).

Ketua Asosiasi UMKM Sumatera Utara, Ujiana Sianturi mengatakan, studi balasan ini guna meningkatkan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Gianyar dengan Provinsi Sumatera Utara terkait dengan pengadaan bibit Kelapa Genjah Pandan Wangi yang mempunyai rasa khas serta sudah mendapatkan pengakuan dari Kementerian.

Selain itu, sangat tertarik dengan UMKM di Gianyar yang bisa mengangkat pariwisata sedangkan di Danau Toba, Sumatera Utara belum bisa. Oleh karena itu tertarik membawa pariwisata Bali untuk diterapkan di Danau Toba. “Kami akan membawa pariwisata Gianyar dan Bali untuk hadiah ke Sumatera Utara,” ujar Ujiana Sianturi. Menyukseskan hal tersebut, Ujiana Sianturi juga menggandeng Kampus OTC Bali.

Sementara itu, Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar mengatakan, sebagai World Craft City (kota kerajinan dunia), bumi seni Gianyar banyak memiliki kerajinan serta memiliki banyak asosiasi di bawah naungan Dekranasda Gianyar. Sehingga banyak program inovatif yang bisa dikolaborasikan dan dikembangkan guna mendukung pariwisata. “Kami berkolaborasi dengan PKK pada UP2K, Dekranasda pada seni kriyanya, dan TKM (Tenaga Kerja Mandiri) ada di Disnaker,” kata Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Selain dikenal sebagai kota kerajinan, Gianyar juga sangat terkenal dengan objek wisata yang didukung dengan desa wisata. Salah satunya Tirta Empul, Gunung Kawi, dan Istana Presiden. “Ikon-ikon itu sudah dikenal dunia,” ujar istri Bupati Gianyar tersebut.

Usai diterima di Ruang Rapat Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, rombongan Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumatera Utara, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, dan Fakultas Pertanian Agribisnis Universitas Sumatera Utara yang dipimpin Ujiana Sianturi melanjutkan kunjungan ke Puspa Aman Desa Buruan, Kelompok Tenun Putri Ayu, dan Puspa Aman Kabupaten Gianyar di Desa Sidan. *nvi

Komentar