nusabali

Perbekel Diminta Berperan Tingkatkan PAD

  • www.nusabali.com-perbekel-diminta-berperan-tingkatkan-pad

Pemkab Gianyar membentuk Satgas penertiban dan penagihan pajak daerah melibatkan penegak hukum.

GIANYAR, NusaBali

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Gianyar, Ngakan Ketut Jati Ambarsika, mengumpulkan para camat dan perbekel se-Kabupaten Gianyar di Villa Kori Maharani, Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar, Jumat (2/12). Secara khusus, Ngakan Jati Ambarsika meminta para perbekel ikut berperan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Gianyar. Belum optimalnya PAD disebabkan oleh belum maksimalnya pemutakhiran data objek pajak sehingga data di sistem belum sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Ngakan Jati Ambarsika mengatakan, belum optimalnya potensi wajib pajak baru juga menyebabkan tidak maksimalnya PAD karena belum semua usaha yang ada di desa/kelurahan mendaftar sebagai wajib pajak daerah. BPKAD mengharapkan partisipasi desa melalui peran perbekel dalam mendukung peningkatan pendapatan daerah. “Semua objek pajak dan masyarakat wajib pajak dan wajib retribusi ada di wilayah kelurahan atau desa yang tersebar di wilayah Gianyar,” ujar pejabat asal Desa Kelusa, Kecamatan Payangan ini.

Koordinasi dan partisipasi desa sangat dibutuhkan terutama dalam hal sosialisasi aturan perpajakan daerah. Mengingat sumber pendapatan desa salah satunya dari bagi hasil pajak dan retribusi daerah. Dalam sosialisasi tersebut, Bupati Gianyar yang diwakili Pj Sekda Gianyar Dewa Alit Mudiarta mengajak para perbekel bersinergi meningkatkan sumber pendapatan daerah dari sektor pajak daerah dan retribusi daerah. Perbekel agar memfasilitasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk dengan OPD pengelola pajak daerah.

Pemkab Gianyar juga telah melakukan berbagai upaya dalam peningkatan PAD seperti membentuk Satgas penertiban dan penagihan pajak daerah yang melibatkan penegak hukum. Ada pula pendataan wajib pajak baru, serta tax incentive dengan memberikan keringanan kepada wajib pajak melalui penghapusan denda. “Tax incentive dengan tujuan mendorong wajib pajak membayar piutang,” ungkap Dewa Alit. Pemkab Gianyar juga ada layanan mobil keliling masuk ke desa, pembayaran secara online dan berbasis elektronik atau secara digital bekerja sama dengan Bank BPD Bali. *nvi

Komentar