nusabali

Lawan Belanda, Ujian Berat Bagi The Yanks

  • www.nusabali.com-lawan-belanda-ujian-berat-bagi-the-yanks

JAKARTA, NusaBali
Babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022 mulai bergulir, Sabtu (3/12) malam ini. Timnas Belanda dan Timnas Amerika Serikat (AS) akan berhadapan di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Pertandingan di Khalifa International Stadium ini dijadwalkan kick-off, Sabtu (3/12) pukul 23.00 Wita malam ini live di SCTV. Di atas kertas, dengan kualitas skuad yang lebih bagus dan kekuatan yang lebih merata di setiap lini, Belanda pantas untuk lebih difavoritkan. Namun, Belanda takkan meremehkan lawannya.

De Oranje -julukan Timnas Belanda- lolos ke babak ini sebagai juara Grup A, di mana mereka tak tersentuh kekalahan. Virgil van Dijk dan kawan-kawan menang 2-0 atas Senegal, imbang 1-1 dengan Ekuador, dan menang 2-0 atas tuan rumah Qatar. Mereka mencetak total lima gol dan cuma sekali kebobolan. Cody Gakpo bersinar dengan torehan tiga golnya.

Sementara itu, AS lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup B di bawah Inggris. Satu gol Timothy Weah memberi AS hasil imbang 1-1 dengan Wales di laga pertama, menahan Inggris 0-0 di laga kedua, kemudian menang 1-0 atas Iran berkat gol tunggal Christian Pulisic di laga ketiga. AS terancam main tanpa Pulisic saat melawan Belanda malam ini. Sebab, pemain Chelsea itu mengalami cedera kala menang atas Iran. Sebaliknya, Belanda bisa turun dengan kekuatan terbaik mereka.

Belanda telah menunjukkan bahwa mereka memiliki pertahanan yang kuat dan serangan yang berbahaya. Dilansir bola.net, Tyler Adams dan rekan-rekannya sepertinya bakal membutuhkan keajaiban jika ingin menjungkalkan Belanda dan lolos ke perempat final. The Yanks -julukan Timnas AS- merupakan tim termuda di Piala Dunia 2022. Mereka pun akan menjalani ujian berat untuk melaju ke babak perempatfinal.

Pasalnya, Amerika Serikat memiliki rata-rata pemain berusia 24,5 tahun. Sederet pemain muda yang masuk skuad Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022 adalah Timothy Weah (22 tahun), Christian Pulisic (24 tahun), Giovanni Reyna (20 tahun), Brenden Aaronson (21 tahun), Weston McKennie (24 tahun), Tyler Adams (23 tahun), hingga Sergino Dest (21 tahun). Sementara itu, pemain termuda Timnas Amerika Serikat adalah Joe Scally (19 tahun), sedangkan pemain tertuanya adalah Tim Ream (35 tahun).

Amerika Serikat sendiri memiliki catatan buruk kala menghadapi Timnas Belanda. Pasalnya, dalam lima pertemuan terakhir, The Yanks hanya bisa meraih satu kemenangan. Amerika Serikat pun bakal mencoba memperbaiki rekor pertemuan atas Timnas Belanda. Kendati demikian, bukan pekerjaan mudah untuk anak asuh Gregg Berhalter ini untuk bisa mengalahkan De Oranje. *

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN
Belanda (3-5-2): Andries Noppert; Jurren Timber, Nathan Ake, Virgil Van Dijk, Davy Klaassen, Marten De Roon, Daley Blind, Frenkie De Jong, Denzel Dumfries, Cody Gakpo, Memphis Depay
Pelatih: Louis Van Gaal

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner; Sergino Dest, Antonie Robinson, Tim Ream, Tyler Adams, Cameron Carter-Vickers, Yunus Musah, Weston McKennie, Christian Pulisic, Tim Weah, Josh Sargent.
Pelatih: Gregg Berhalter

Komentar