nusabali

3 Siswa SMPN di Karangasem Lolos ke Final LCC Nasional

  • www.nusabali.com-3-siswa-smpn-di-karangasem-lolos-ke-final-lcc-nasional

AMLAPURA, NusaBali
Tiga siswa SMPN dari Karangasem lolos ke final LCC (Lomba Cerdas Cermat) Pancasila Tingkat Nasional 2022. Lomba secara online dengan agenda final pada Januari 2023.

Dari tiga siswa itu, 2 siswa dari SMPN 1 Abang yakni Ni Putu Erna Nidayanti kelas IX/G dan I Komang Wahyu Adi Mudiatmika kelas VIII/F. Kasek SMPN 1 Abang I Gusti Bagus Putra memaparkan hal itu di ruang kerjanya, Banjar Abang Kelod, Desa/Kecamatan Abang, Karangasem, Kamis (1/12).

Sebagai penyelenggara LCC Pancasila, Lembaga Pendidikan Bina Bangsa Indonesia, Jakarta Utara, dengan Ketua Panitia Amir Pranoto. Satu siswa lagi dari Karangasem yang lolos ke final, Ni Komang Ayu Yulistia dari SMPN 3 Bebandem.

Dari Bali yang lolos ke Final LCC Pancasila, ada 10 siswa SMP, tujuh siswa lainnya, Putu Dania Shiradewi dari SMPN 5 Denpasar, Ni Putu Vania Cantika Devi dari SMPN 5 Denpasar Utara, Gek Nauli Ratu Nami Pakpahan dari SMP Dharma Praja Denpasar, Ni Putu Ayu Deswita Pertiwi dari SMPN 1 Abiansemal, Ni Luh Putu Ayu Kertaningsih dari SMPN 1 Abiansemal, Kadek Cahya Widiari dari SMPN 5 Denpasar, dan Kadek Winda Paramita dari SMPN 5 Denpasar

Kasek I Gusti Bagus Putra memaparkan, awal lomba dilaksanakan, Jumat (25/11), selanjutnya skor kedua siswa masuk passing grade dinyatakan lolos ke semifinal. Babak semifinal berlanjut, Senin (28/11), Ni Putu Erna Nidyanti meraih skor 88 dan I Komang Wahyu Adi Mudiatmika skor 90, sehingga panitia menetapkan sebagai finalis. "Tinggal menunggu jadwal final, rencananya Januari 2023," jelas kasek asal Banjar Selat Kelod, Desa/Kecamatan Selat ini.

Turut hadir mendampingi, guru pembina Ni Ketut Santi Purwati dan Pande Putu Darmiasih. "Masih ada waktu melakukan persiapan dan mengevaluasi hasil lomba sebelumnya," jelas Ni Ketut Santi Purwati. Wakasek Kesiswaan SMPN 3 Bebandem Ida Wayan Gotama Adiputra juga membenarkan, siswanya lolos ke final LCC Pancasila Tingkat Nasional. "Ya, nanti final, Januari 2023," jelasnya.

Siswi Ni Putu Erna Nidayanti mengaku berupaya melakukan persiapan optimal jelang final. "Mudah-mudahan hasilnya memuaskan sebagai juara LCC Pancasila Tingkat Nasional, itu akan jadi kebanggaan sekolah," jelas alumnus SDN 7 Ababi, yang berasal dari Banjar Sadimara, Desa Ababi, Kecamatan Abang.

Apalagi lanjut siswi kelahiran 29 Maret 2008, kesempatan terakhir menyumbangkan prestasi buat sekolah, karena telah duduk di kelas IX. "Saya berharap prestasi nanti berlanjut ke adik kelas, sehingga prestasi berkelanjutan," lanjut putri tunggal dari pasangan Komang Putu Darma dan Ni Made Arsini, yang bercita-cita jadi polwan. Rekannya, I Komang Wahyu Adi Mudiatmika, juga berupaya agar meraih hasil terbaik. "Saya juga akan berusaha sebaik mungkin," lanjut siswa asal Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang. *k16

Komentar