nusabali

Kemenaker Kucurkan Program Padat Karya di Empat Desa

  • www.nusabali.com-kemenaker-kucurkan-program-padat-karya-di-empat-desa

GIANYAR, NusaBali
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI kucurkan program padat karya berbasis kawasan untuk empat desa di Kabupaten Gianyar. Keempat desa penerima program yakni Desa Lebih, Desa Bakbakan, dan Desa Sidan di Kecamatan Gianyar serta Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring.

Bupati Gianyar, Made Mahayastra, bersama anggota DPRD Gianyar meninjau padat karya tunai di Desa Sidan, Kamis (1/12).  Padat karya di Desa Sidan berupa pelatihan membuat kue, kripik kelor, dan VCO (virgin coconut oil). Program di Desa Lebih berupa pelatihan membuat makanan olahan berbahan ikan dan Desa Bakbakan pelatihan membuat kue dan masakan serba jamur. Sementara di Desa Tampaksiring dengan pembangunan jalan usaha tani. Program ini untuk membangun ekosistem usaha mandiri bagi masyarakat. Menciptakan model perluasan kesempatan kerja melalui pemberdayaan masyarakat. Harapannya, mengurangi pengangguran dan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat.

Kadisnaker Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani mengatakan, program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan terdiri dari dua program yakni program padat karya dan tenaga kerja mandiri (TKM). TKM dilakukan dengan membentuk kelompok-kelompok kerja bagi beberapa kawasan. Mereka diberi stimulan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI. Pelatihan yang diberikan bagi kelompok-kelompok masyarakat disesuaikan dengan potensi di desa masing-masing. “Dengan pelatihan ini, kami harapkan masyarakat bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya dan untuk masyarakat sekitarnya,” ujar Dayu Surya Adnyani.

Bupati Mahayastra melihat masyarakat Desa Sidan dilatih membuat kue, kripik berbahan daun kelor, dan VCO. Harapan ke depan dapat mewujudkan One Village One Product. Bupati Mahayastra turun bersama anggota DPRD Gianyar. Bupati Mahayastra mengatakan, melalui program ini masyarakat lebih terbantu serta dapat meningkatkan skill dan kualitas. *nvi

Komentar