nusabali

Southgate Pede Inggris Siap Tempur Hadapi Senegal

  • www.nusabali.com-southgate-pede-inggris-siap-tempur-hadapi-senegal

DOHA, NusaBali
Inggris lolos 16 besar Piala Dunia untuk menghadapi Senegal, setelah dua gol Marcus Rashford dan satu gol Phil Foden menang 3-0 atas Wales pada laga pamungkas Grup B di Stadion Ahmad bin Ali, Doha, Rabu (30/11) dinihari Wita.

Kemenangan atas Wales membuat Inggris menyegel tempat pertama Grup B. Inggris mengakhiri 'Battel of Britain' dan memastikan Piala Dunia pertama Wales sejak 1958 berakhir dengan kekecewaan.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate menegaskan, tim asuhannya kini memasuki fase knock out Piala Dunia 2022 dengan kondisi lebih baik daripada Piala Dunia 2018 . Saat itu Inggris memenangi laga 16 besar lawan Kolombia lewat adu penalti. Inggris kemudian terus melaju dengan mengalahkan Swedia di perempatfinal.

Menghadapi Kroasia di semifinal, Inggris kala itu dipaksa menyerah 1-2 lewat perpanjangan waktu. Inggris akhirnya juga kalah 0-2 dari Belgia dalam partai perebutan tempat ketiga.

Southgate pun menyebut kepercayaan diri timnya kini jauh lebih bagus ketimbang ketika mereka lolos ke fase knock out Piala Dunia 2018 lalu. Dia menilai timnya kini punya mentalitas yang berbeda.

“Kepercayaan kami lebih tinggi. Di Rusia, kami hanya berpikir, 'Bisakah kami memenangkan pertandingan sistem gugur?' ujar Southgate, dikutip Daily Mail.

"Sekarang ada lebih percaya diri dan lebih banyak pengalaman pertandingan sistem gugur. Semangat tim bagus.”

Sementara itu, Senegal menjawab absennya bintang mereka, Sadio Mane dengan elegan dan  lolos ke 16 besar, Mane cedera ligamen lutut dua pekan sebelum Piala Dunia.

Tiket 16 besar dikunci Senegal saat mengalahkan Ekuador 2-1 dalam partai hidup-mati di Khalifa International Stadium, Selasa (29/11) malam WITA. Senegal menang 2-1 lewat gol Ismaila Sarr (penalti) dan Kalidou Koulibaly, setelah sempat disamakan Moisses Caicedo.  Hasil itu menegaskan Senegal tetap tangguh tanpa Mane .

"Saya ingin mempersembahkan kemenangan ini untuk pria yang sudah berkorban luar biasa bagi negara ini, dan sayangnya tidak bisa hadir di sini hari ini. Dia adalah Sadio Mane," kata pelatih Senegal Aliou Cisse. *

Komentar