nusabali

TNI dan Polri Bantu Bersihkan Sampah di Bendung Banyubiru I

  • www.nusabali.com-tni-dan-polri-bantu-bersihkan-sampah-di-bendung-banyubiru-i

NEGARA, NusaBali
Tumpukan sampah yang menyumbat pintu Bendung Banyubiru I saat terjadi banjir di daerah aliran Sungai Remojo, Banjar/Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana, Senin (28/11) malam, telah dibersihkan pada Rabu (30/11).

Sampah dengan volume cukup banyak itu, tuntas dibersihkan masyarakat sekitar dibantu jajaran TNI dan Polri. Gotong royong pembersihan sampah tersebut berlangsung selama 3 jam mulai sekitar pukul 07.00 Wita hingga 10.00 Wita. Hadir dalam kegiatan tersebut, Danramil 01/Negara Kapten Inf Andika, Panit 1 Samapta Polsek Negara Ipda I Komang Arya Penida, dan Kepala Desa Kaliakah I Made Bagiarta.

Total ada sekitar 100 orang yang dikerahkan untuk membersihkan sampah tersebut. Di antaranya dari personel Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara (GN), personel Polsek Negara, staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana, staf Desa Kaliakah, krama subak, dan warga di sekitar bendung.

Danramil Negara Kapten Inf Andika mengatakan, kegiatan gotong royong ini sebagai upaya membantu masyarakat, khususnya mengantisipasi dampak yang lebih parah ketika terjadi banjir susulan. “Kalau tidak segera dibersihkan, nanti kalau kembali hujan, khawatirnya banjir akan meluap semakin besar,” ujarnya.

Di samping itu, keberadaan bendung ini pun berfungsi untuk mengatur pengairan sejumlah subak di wilayah Kecamatan Negara. Ketika pintu bendung masih tersumbat, akan menyulitkan para petani. “Biar bisa segera berfungsi normal, kita turun bersama rekan-rekan Polri dan TNI. Tadi kita gotong-royong membersihkan semua sampah dan air sudah bisa kembali mengalir lancar,” kata Kapten Inf Andika. *ode

Komentar