nusabali

FENG-SHUI : Diet Cerdas ala Feng Shui (Bagian 1)

  • www.nusabali.com-feng-shui-diet-cerdas-ala-feng-shui-bagian-1

Kelebihan berat badan telah menjadi momok yang menakutkan.

Tak peduli apakah Anda perempuan atau laki-laki. Tubuh indah, sehat, dan terawat pastilah menjadi dambaan siapa pun. Tapi, mewujudkan itu semua tidaklah mudah. Bagaimana cara kita mensiasatinya?


Kelebihan berat badan kini menjadi musuh siapa pun. Ia seperti tidak mengenal jenis kelamin atau usia. Kapan pun dan di mana pun. Pendek kata, kelebihan berat badan menjadikan Anda merasa minder, atau kurang percaya diri. Semua jadi serba salah. Apalagi saat lawan bicara Anda termasuk orang yang bertubuh indah. Sekalipun tidak ada yang mengejek langsung, toh telinga Anda sepertinya tidak pernah berhenti mendengar ejekan itu. Kalau sudah begini, semua terasa serba salah.

Jadi, rasanya tidak salah jika ada orang yang memintahkan Anda untuk melakukan olahraga. Cara ini rasanya jauh lebih baik ketimbang berdiam diri. Atau, jika mau mempercepat terciptanya keindahan tubuh, diet menjadi cara tambahan yang tidak kalah penting.Diet tentu saja tidak harus Anda menyiksa diri dengan mengurangi sebanyak mungkin keinginan Anda melahap santapan. Dalam Feng Shui, diet dimaknai sebagai bagaimana Anda mampu bersikap bijak terhadap tubuh Anda sendiri. Jagalah hawa nafsu, terutama nafsu menyantap segala makanan.

Ada cara unik yang disajikan Feng Shui dalam mengatasi ketakutan Anda pada kelebihan berat badan, bahkan menggiring Anda pada bentuk tubuh ideal. Karena Feng Shui tidak lebih dari ilmu untuk mencapai harmoni dalam segala bidang kehidupan. Memang, mungkin Feng Shui bukanlah jenis olahraga yang akan membentuk tubuh Anda untuk menjadi lebih indah, juga bukan pula resep diet ampuh sang dokter untuk memperketat konsumsi makanan Anda. Tapi, Feng Shui rasanya bisa menjadi suatu ‘jurus ampuh’. Coba saja ikuti beberapa tips diet cerdas ala Feng Shui. Siapa tahu, hasrat Anda memiliki tubuh indah bukan lagi impian semata.

1. Jauhkan Pandangan Anda dari Dapur

Makanan adalah ‘teman setia’ kelebihan berat badan. Karena itu, hindarilah untuk selalu memandang dapur cantik Anda dari arah pintu depan rumah. Karena itu, Feng Shui menghindari peletakan dapur pada sudut yang searah dengan pintu depan. Selain tidak sedap dipandang mata, cara ini dianggap menggoda siapa pun untuk menyentuh makanan. Apalagi jika Anda sudah berniat untuk melakukan diet.

Tapi, bila ini sudah terlanjur, tentu saja ini bukan akhir dari segalanya. Cobalah untuk menciptakan pengalihan sudut pandang dengan sekat atau mungkin dengan menggunakan cermin. Cara ini akan mengalihkan pandangan Anda tidak lagi langsung menuju ke dapur. Atau bila tertarik, Anda dapat meniru restoran Jepang yang selalu memasang gorden dengan belahan tengah pada pintu masuk restoran mereka. Intinya, hindarkanlah pandangan Anda jauh-jauh dari dapur. Karena, sebenarnya rasa ketertarikan Andalah sumber dari ‘masalah’ itu berasal.

2. Warna Hitam Penunda Selera

Pikirkan, apa sebenarnya hal yang begitu menarik mata Anda ketika memandang meja makan Anda. Pastilah warna taplak meja makan Anda. Warna taplak meja makan Anda yang cerah dan bersih merupakan daya tarik yang sulit dielakkan oleh Anda untuk selalu meletakkan berbagai hidangan di atasnya. Nah, jika Anda berniat diet, cobalah untuk meredam daya tarik itu dengan mengganti warna taplak meja makan yang tidak menggoda. Warna gelap atau kusam, seperti hitam atau abu-abu misalnya, bisa jadi pilihan. Ingat, warna hitam merupakan lambang dari sebuah misteri. Misteri inilah yang akan mengingatkan Anda tengah berniat melakukan diet. Tentu saja hal itu tidak menjadikan Anda membuang kesepadanan tata ruang interior sekitarnya. Yang penting pantas. Hal ini juga bukan sebuah larangan makan, juga bukanlah sebuah cara untuk menghilangkan selera makan Anda. Tapi, hanyalah sebuah metode pengingat, bahwa Anda telah memiliki sebuah jadwal dan aturan, untuk makan dengan teratur dan sesuai waktunya. Kemudian, cobalah untuk mengecek

lemari es yang merupakan ‘gudang makanan’ Anda. Cobalah untuk membuat Anda tidak lagi tertarik untuk selalu membuka isi lemari es dengan cara serupa, bermain dengan warna. Warna gelap seperti hitam atau abu-abu, semoga bisa membuat Anda menyingkir jauh-jauh dari benda ‘menarik’ ini. *

loading...

Komentar