nusabali

Hadiri Peringatan HKN ke-58 Tahun 2022, Bupati Suwirta Launching Tiga Inovasi Kesehatan

  • www.nusabali.com-hadiri-peringatan-hkn-ke-58-tahun-2022-bupati-suwirta-launching-tiga-inovasi-kesehatan

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kania, Rabu (30/11) pagi.

Bupati Suwirta juga melaunching tiga inovasi dari Dinas Kesehatan Klungkung di antaranya Kasi Nikah (Pelayanan Skrining, Konseling, dan Pelayanan Kesehatan pada Calon Pengatin), Kedhi Taro (Pembentukan Club Olahraga di Setiap Desa Pengantaran Obat Hipertensi ke Pasien), dan Lacak (Layanan Cepat Pemeliharaan Alat Kesehatan).

Bupati Suwirta berharap para perbekel dan perangkat desa bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk turun melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Semua inovasi harus terus diupdate. “Mudah-mudahan inovasi ini berjalan lancar dan bermanfaat bagi kesehatan masyarakat,” ujar Bupati Suwirta. Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini menambahkan, petugas kesehatan diminta melakukan langkah-langkah edukasi secara lebih luas untuk mencegah kasus demam berdarah. Warga yang mengetahui ada gejala DB diimbau segera melapor ke petugas kesehatan.

Bupati juga membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. Kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif dan berkeadilan sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah menghadapi masalah kesehatan dimasa yang akan datang.

Ketua Panitia, Ni Putu Diana Wati mengatakan, kegiatan yang sudah dilaksanakan yakni nasional aksi bergizi, pemeriksaan HB (hemoglobin) pada remaja putri tingkat SMP dan SMA/SMK di Klungkung. Ada juga jalan santai, bakti sosial, seminar, dan lomba dengan tema ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku’. “Semoga kita bangkit dan kembali produktif,” ujar Diana Wati. Di akhir kegiatan, Bupati Suwirta didampingi Wakil Ketua DPRD Klungkung Tjokorda Gde Agung, Kadis Kesehatan Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni menyerahkan piagam penghargaan kepada masing-masing pemenang lomba serangkaian HKN. *wan

Komentar