nusabali

Kominfo Tabanan Rancang Big Data Ciptakan Data Akurat Antardesa

  • www.nusabali.com-kominfo-tabanan-rancang-big-data-ciptakan-data-akurat-antardesa

TABANAN, NusaBali
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tabanan membuat program Big Data Satu Data yang disebut Data Digital Tabanan Era Baru.

Program ini untuk merangkum seluruh data terutama mengenai desa untuk mendapatkan data akurat. Untuk memaksimalkan program itu, sebagai awal sudah menjadikan 20 desa di Kecamatan Kediri dan Kerambitan merangkum data secara detail. Jika sudah berhasil, akan diaplikasikan ke seluruh desa di Tabanan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tabanan I Putu Dian Setiawan, mengatakan dibuatnya program big data ini karena pembangunan desa berbasis data selama ini belum akurat. Selain itu ketika mencari data pada suatu desa sering ada perbedaan. “Untuk itu, agar permintaan data menjadi tepat sasaran dan terintegrasi, kami buat program big data ini,” ujar Dian Setyawan, Selasa (29/11).

Kata dia dalam program big data ini banyak informasi akan didapat. Mulai dari kondisi riil desa itu, kependudukan, mata pencaharian warga, pertanian, peternakan hingga pariwisata. “Dengan terkumpulnya data menjadi satu ini maka pencarian data dalam satu desa itu akan menjadi akurat,” tegasnya.

Dian Setyawan menambahkan 20 desa yang dijadikan percontohan tersebut saat ini sedang proses merangkum data secara keseluruhan. Seperti misalnya khusus di Kecamatan Kerambitan, merupakan salah satu kecamatan penyangga ibukota Kabupaten Tabanan, dimana perkembangan sektor pariwisata berbasis pertanian di Kecamatan Kerambitan belum diikuti struktur industri pariwisata yang kuat, sehingga belum dapat memberikan dampak lebih besar kepada sektor pariwisata.

“Ini bukti kurang optimalnya integrasi sektor pariwisata dengan sektor terkait lainnya, serta integrasi sektor wisata di antara desa-desa di Kecamatan Kerambitan, termasuk belum terintegrasinya data Sistem Informasi Desa secara baik dan lengkap. Inilah yang coba kami bangun,” tandas mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Tabanan ini. *des

Komentar