nusabali

Kapolres Badung Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Dihadapan Puluhan Siswa

  • www.nusabali.com-kapolres-badung-sosialisasi-wawasan-kebangsaan-dihadapan-puluhan-siswa

MANGUPURA, NusaBali
Kapolres Badung, AKBP Leo Dedy Defretes gencar sosialisasi tentang wawasan kebangsaan.

Sebagai salah satu progeram prioritas, perwira melati dua di pundak ini melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, baik SMP maupun SMA di wilayah hukum Polres Badung.

Pada Selasa (29/11) pagi kemarin, perwira lulusan Akpol 2002 ini mendatangi SMA Negeri 1 Mengwi. Usai membawakan materi, Kapolres mengatakan mempelajari dan memahami wawasan kebangsaan, merupakan sebuah langkah penting untuk memperkuat pondasi dasar dalam mengwujudkan rasa persatuan dan kesatuan dari ribuan pulau, bahasa, dan suku bangsa.

"Didalam kehidupan sehari-hari sesungguhnya kita sudah menjalaninya, namun jika kita tidak mengikat penguatan-penguatan wawasan kebangsaan, rasa persatuan dan kesatuan ini bisa tergerus oleh perkembangan tehnologi, ideologi dan aliran kepercayaan dari luar, sehingga kita menjadi negara yang gampang dipecah belah, gampang di adu domba," tuturnya.

Kapolres mengatakan, para siswa perlu diajari tentang wawasan kebangsaan, sehingga mereka menyadari bahwa bangsa Indonesia memperolrh kemerdekaan dengan darah dan air mata. Para siswa harus memahami empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Para pendiri bangsa kita sudah mewariskan pedoman kebangsaan melalui empat konsensus Dasar Bangsa. Konsensus tersebut tidak harus di hafalkan, akan tetapi lebih penting dimengerti, dan melaksanakannya serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari," harapnya. *pol

Komentar