nusabali

Lansia di Karangasem Mulai Divaksinasi Booster II

  • www.nusabali.com-lansia-di-karangasem-mulai-divaksinasi-booster-ii

AMLAPURA, NusaBali
Lansia di Karangasem mulai dapat pelayanan vaksinasi booster II di 12 Puskesmas se-Karangasem, RSUD Karangasem, dan RS Pratama Kubu.

Sasaran vaksinasi 25.763 lansia dari 40.460 lansia di Karangasem. "Vaksin booster telah kami suplai, Jumat (25/11), pelaksanaannya mulai Senin," jelas Kadis Kesehatan Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama, didampingi Ni Made Ayu Saskara sebagai penyelenggara program vaksinasi tingkat kabupaten, di kantorya, Jalan Ahmad Yani, Amlapura, Senin (28/11).

Petugas medis, katanya, memberikan vaksinasi di Puskesmas dan rumah sakit. Untuk lansia, petugas mendatangii ke tempat tinggalnya. Sebelumnya telah melakukan sosialisasi menyasar perbekel dan kelian banjar dinas agar mendatangkan lansia di wilayahnya masing-masing.

Harapannya, setelah menjalani vaksinasi booster II, lansia bebas dari penularan Covid-19. Selama ini lansia yang tinggal di rumah, rentan tertular Covid-19, karena fisiknya lemah apalagi memiliki riwayat penyakit bawaan, yang membawa Covid-19, adalah anggota keluarganya yang beraktivitas di luar rumah.

Syarat lansia bisa dapat pelayanan vaksinasi booster II, suhu tubuh di bawah 37,5 derajat celcius, tekanan darah di bawah 180/10. Tahapan jalani, mesti melewati empat tahapan, meja I melakukan pendaftaran, meja II skrining, meja III dilakukan penyuntikan, dan meja IV mesti menunggu 30 menit dampak KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi) dari vaksinasi itu.

Kata dia, saat skrining, pertanyaan untuk lansia ada yang berbeda. Beberapa jenis pertanyaan, yang diajukan, apakah mengalami kesulitan untuk naik 10 anak tangga. Apa sering merasa kelelahan, apakah memiliki sedikitnya lima jenis penyakit dari 11 penyakit yakni: hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, nyeri jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, struck, dan gagal ginjal.

Juga penting ditanyakan, apakah mengalami kesulitan berjalan 200 meter hingga 400 meter, apakah mengalami penurunan berat badan selama setahun terakhir, dan lain-lain.

Kepala Puskesmas Selat dr I Gusti Lanang Udiyana mengatakan, di wilayah kerjanya, di 8 desa sasarannya 4.212 lansia. "Vaksin sudah ada, vaksinasi booster  saya awali Senin (28/11)," jelas pejabat dari Banjar Pesangkan, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat. Kepala Puskesmas Rendang dr Made Sudarmayasa, juga mengatakan telah melaksanakan pelayanan vaksinasi booster II. "Kami telah terima vaksinasi, Jumat (25/11) pelaksanaannya mulai Senin," jelasnya.

Hal sama disampaikan Kepala Puskesmas Karangasem I dr I Gede Andre Darmawan, dan Direktur RS Pratama Kecamatan Kubu dr Ni Kadek Ari Hartati. "Kami sudah lakukan pelayanan vaksinasi booster II, sesuai petunjuk teknis yang ada," jelas Ari Hartati. *k16

Komentar