nusabali

Cegah Gangguan Keamanan, Rutan Negara Gencarkan Troling

  • www.nusabali.com-cegah-gangguan-keamanan-rutan-negara-gencarkan-troling

NEGARA, NusaBali
Di tengah kondisi penghuni yang overload, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Negara, Jembrana melakukan berbagai cara untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di rutan setempat.

Salah satunya dengan menggencarkan kontrol keliling (troling) secara berkala ke dalam areal blok hunian. Seperti dilaksanakan Kepala Regu Pengamanan (Karupam) D Rutan Negara, Wayan Sudi Mahardika, Senin (28/11). Selain mengecek kesiagaan petugas di masing-masing pos, juga dilakukan pengecekan keliling ke blok hunian dan sejumlah areal di dalam rutan. "Ya lebih baik capek keliling-keliling. Daripada nanti capek beneran kalau ada masalah (gangguan keamanan)," ujar Sudi Mahardika.

Selain mengantisipasi gangguan kemanan, kegiatan troling itu juga menjadi momentum mendekatkan diri antara petugas dengan warga binaan. Termasuk mengecek terkait kebersihan dan kesehatan para warga binaan. "Kami ke dalam (blok hunian) biar tahu kondisi WBP (warga binaan pemasyarakatan). Sekalian biar tahu kegiatan mereka. Siapa yang rajin, siapa yang kurang," ucap Sudi Mahardika.

Sementara Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Rutan Negara I Nyoman Sudiarta mengatakan, kegaiatan troling itu dilakukan oleh para Karupam termasuk para petugas jaga di blok hunian. Kegiatan troling yang menjadi salah satu langkah  antisipasi gangguan keamanan itu, juga tidak hanya fokus dilaksanakan di dalam blok hunian.

Namun juga menyasar seluruh area rutan. Seperti area open camp, brandgang, tempat ibadan, serta aula. "Troling itu dilakukan juga oleh Karupam. Meskipun pos Karupam itu di pintu tiga, tapi sewaktu-waktu Karupam wajib melakukan trolling untuk memastikan apakah anggota jaga ada di pos tugas. Selain memastikan kondisi blok hunian," ucap Sudiarta. *ode

Komentar