nusabali

Usai Imbangi Spanyol, Jerman Butuh Keajaiban Lolos 16 Besar

  • www.nusabali.com-usai-imbangi-spanyol-jerman-butuh-keajaiban-lolos-16-besar

DOHA, NusaBali
Timnas Jerman susah payah menahan imbang Spanyol dalam laga kedua Grup E Piala Dunia 2022.

Tampil di Al Bayt Stadum, Doha, Die Mannschaft (julukan Jerman) bermain 1-1 lawan tim Matador, Senin (28/11) dinihari WITA. Gol Spanyol dicetak Alvaro Morata dan Jerman menyamakan 1-1 lewat aksi pemain penganti Niclas Fullkrug di menit ke-83,


Hasil itu membuat persaingan di Grup E kian sengit. Spanyol masih di posisi pertama dengan 4 poin, dan Jerman juru kunci dengan nilai satu. Adapun Jepang dan Kosta Rika punya 3 poin.

Masih ada satu partai terakhir di fase grup E. Spanyol bersua Jepang, Jerman lawan Kosta Rika untuk persaingan merebut tiket ke 16 besar .

Setidaknya hasil imbang 1-1 kontra Spanyol membuat harapan Jerman lolos dari fase grup hidup kembali. Satu laga terakhir di Grup E, pasukan Hansi Flick menantang Kosta Rika pada Jumat (2/12) di Al Bayt Stadium. Kini Kosta Rika satu strip di atas Jerman dengan nilai tiga, dan punya peluang peluang besar lolos.

Namun Jerman di atas kertas lebih diunggulkan sebagai tim besar dan berisi para pemain kelas dunia. Jerman wajib mengalahkan Kosta Rika dengan skor besar jika ingin lolos secara meyakinkan. Sebab poin mereka akan jadi empat dan menggeser Kosta Rika.

Namun Jerman berharap Jepang, yang kini di urutan kedua klasemen dengan nilai 3, kalah dari Spanyol di laga terakhir.  Sebab Jepang mengalahkan Jerman 2-1 pada laga pertama. Namun Samurai Biru kalah dari Kosta Rika 0-1 pada laga kedua. Skenario Jepang kalah dari Spanyol, dan Jerman harus menang skor besar atas Kosta Rika.

Kemenangan skor besar diperlukan Jerman jika nantinya punya nilai sama dengan Spanyol. Itu dibutuhkan apabila Spanyol kalah dari Jepang. Sebab Spanyol punya keuntungan selisih gol yang baik setelah melumat Kosta Rika 7-0 pada laga pertama.

Namun ada kemungkinan Jerman dan Jepang mempunyai poin yang sama di klasemen akhir Grup E . Hitungannya Jerman mengalahkan Kosta Rika dan Jepang menahan imbang Spanyol.

Kedua tim akan sama-sama mengumpulkan empat poin. Tim yang lolos akan ditentukan dari regulasi yang ada. Yakni, selisih gol grup secara keseluruhan, gol yang dicetak, hasil head to head (H2H), selisih gol pada semua laga tim yang poinnya sama, gol yang dicetak pada semua laga tim yang poinnya masih sama, dan poin fair play, serta undian. *

Komentar