nusabali

Timnas Inggris Parkir Kane, Mainkan Foden

Rooney soal Laga Inggris vs Wales

  • www.nusabali.com-timnas-inggris-parkir-kane-mainkan-foden

Rooney menilai performa Inggris saat melawan AS tidak bagus. Karena itu, Rooney menyarankan Southagte untuk melakukan perubahan saat melawan Wales.

AL RAYYAN, NusaBali

Legenda Manchester United Wayne Rooney menyarankan Gareth Southgate untuk melakukan tiga perubahan pada Inggris saat menghadapi Wales. Salah satunya dengan memarkir atau menginstirahatkan Harry Kane dan memainkan Phil Foden.

Ya, Inggris akan menjalani Derbi Britania Raya melawan Wales pada matchday 3 Grup B , Rabu (30/11) dinihari , di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, pukul 03.00 WITA.

Inggris sudah menjalani dua laga, dengan menang 6-2 atas Iran di laga pembuka dan imbang 0-0 lawan Amerika Serikat (AS) pada matchday 2. Saat ini Inggris punya modal bagus untuk bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Saat ini Harry Kane dan kolega mengantongi empat poin dan bertengger di puncak klasemen Grup B.

Rooney menilai performa Inggris saat melawan AS tidak bagus. Karena itu, Rooney menyarankan Southagte untuk melakukan perubahan saat melawan Wales.

“Penampilan Inggris tidak bagus pada hari Jumat itu (lawan AS) dan tidak dapat dipungkiri bahwa mereka harus bermain jauh lebih baik untuk memiliki peluang memenangkan Piala Dunia ini," tulis Rooney, di kolom The Times.

“Gareth Southgate perlu melakukan perubahan untuk pertandingan hari Selasa melawan Wales dan mengingat bahwa hampir butuh keajaiban untuk tidak lolos, ini adalah kesempatan sempurna baginya untuk memberikan menit bermain kepada pemain yang sejauh ini belum banyak digunakan,"katanya lagi dikutip bola.net

Phil Foden diparkir saat Inggris imbang lawan AS. Rooney menilai sudah saatnya Southgate memainkan pemain Manchester City tersebut. Menurutnya, daftar teratas adalah Phil Foden. Rooney merasa sangat aneh Foden tidak masuk sebagai pemain pengganti melawan AS.

“Dia akan menjadi bagian penting dari starting XI saya jika saya menjadi bos Inggris. Secara teknis, dia adalah pesepakbola terbaik yang dimiliki Inggris," kata Rooney.

Menurut Rooney, Foden sekarang jadi pemain yang berbeda dari yang dilihat di Euro 2020, saat dia kesulitan membuat dampak. Rooney menilai, Foden kini lebih dewasa dan datang ke turnamen ini di belakang periode panjang penampilan brilian untuk Manchester City.

Rooney juga menyarankan Southgate memainkan Mason Mount dan memasukkan Kalvin Phillips jika fit, dan sebaliknya Jordan Henderson. Rooney tahu Mount bermain sangat baik melawan Iran dan memberi banyak hal dalam tingkat kerja dan energi.

“Kadang-kadang hanya perlu membiarkan pemain berbakat dan pesepakbola yang lebih baik bermain dan memengaruhi permainan,"kata Rooney.

Harry Kane selalu tampil sejak menit awal dalam dua laga terakhir. Rooney menilai laga lawan Wales menjadi waktu yang tepat mengistirahatkan kapten timnas Inggris tersebut.

Saat lawan AS, Kane dinilai seperti menderita akibat tekel keras saat lawan Iran. “Tekel di babak kedua itu dan saya merasa Gareth seharusnya mempertimbangkan melepasnya di babak pertama. Inggris memimpin 3-0, laga sudah dimenangkan dan Harry adalah pemain terpenting kami,"kata Rooney. *

Komentar