nusabali

Desa Ambengan Selektif Kelola Hutan Desa

  • www.nusabali.com-desa-ambengan-selektif-kelola-hutan-desa

SINGARAJA, NusaBali
Pemerintah Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Buleleng, menjaga komitmennya untuk melestarikan hutan.

Pemdes dan kelompok pengelola, diberikan kewenangan untuk mengelola kawasan hutan desa seluas 354 hektare oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) RI. Hanya saja dalam pemanfaatannya Pemdes dan kelompok pengelola sangat selektif dan berhati-hati.

Mereka selama ini hanya memanfaatkan 15 persen dari kawasan hutan desa atau sekitar 53 hektare untuk ditanami pohon yang bernilai ekonomis. Selebihnya ditutup untuk dikelola dan hanya dilakukan reboisasi di zona hutan lindung.

Hal itu dijaga sangat ketat oleh Pemdes dan Kelompok Tani Hutan Munduk Sari Desa Ambengan. Sebab beberapa tahun lalu, karena terjadi kerusakan hutan di wilayah hulu Desa Ambengan, sempat mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

“Yang kami kelola hanya yang di zona risiko sangat kecil untuk terjadi longsor dan banjir bandang. Kalau yang risiko tinggi kami tidak buka dan tidak kelola karena hutan di Desa Ambengan ini hulunya Buleleng. Kami berkomitmen untuk tetap menjaga ketersediaan air bersih dan oksigen,” jelas Perbekel Ambengan Nyoman Seri di sela-sela kegiatan penanaman pohon, Senin (28/11).

Sedangkan untuk lahan yang dimanfaatkan selama ini ditanami sejumlah pohon yang bernilai ekonomis. Mulai dari pohon durian, nangka, nagasari, majegau, alpukat. Pemanfaatan hutan desa disebutnya sudah membawa dampak bagi masyarakat sekitar. Terutama dalam pemanfaatan lahan dengan jenis tanaman pendamping seperti umbi-umbian ketela pohon, ketela rambat, talas kuning serta pisang.

Namun Seri menegaskan, pemanfaatan lahan dilakukan dengan tetap mempertahankan pohon-pohon yang sudah ada. Pohon dan tanaman baru hanya disemai sebagai tanaman sela. “Kami juga berkomitmen karena desa kami yang paling hulu, penghasil oksigen, dan penghasil air, kami ingin perkecil risiko dan skala bencana,” tegas dia.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng I Gede Melandrat menegaskan penanaman pohon serangkaian Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dipilih di Desa Ambengan bukan tanpa alasan. Melandrat menjelaskan Desa Ambengan merupakan hulu Kota Singaraja, sehingga menjadi prioritas untuk dijaga kelestarian hutannya.

“Apapun yang terjadi berkaitan dengan lingkungan di Kota Singaraja, tidak lepas dari dampak yang diberikan oleh desa-desa di hulu termasuk Ambengan. Sehingga kami berharap Ambengan menjadi desa yang tertata dengan baik dan indah dengan keasriannya,” ungkap Melandrat.

Dia pun berharap penanaman pohon rutin dilakukan. Selain itu yang perlu diperhatikan soal pemeliharaan dan pemantauan pohon setelah ditanam. Pengelola harus memastikan pohon yang ditanam dapat hidup dengan baik.*k23

Komentar