nusabali

AlkoTEB: Tablet Starter Yeast Instan untuk Fermentasi Nira Menjadi Bioetanol

  • www.nusabali.com-alkoteb-tablet-starter-yeast-instan-untuk-fermentasi-nira-menjadi-bioetanol

DENPASAR, NusaBali
Saat ini telah diciptakan starter instan modern untuk pembuatan alkohol/Arak Bali dengan menggunakan starter monokultur ragi lokal unggul (novel local yeast) yang diberi nama AlkoTEB.

Starter ragi dalam AlkoTEB adalah starter asli Bali Indonesia hasil dari riset yang dilakukan dari tahun 2016 di Lab Bioindustri Unud oleh Dr.Eng. Mahaputra Wijaya dibantu oleh  Suwariani M.Biotech. (FTP-Unud), serta Bayu Rahanatha M.M. (FEB-Unud).

Starter AlkoTEB berguna untuk memfermentasi nira kelapa/aren/siwalan agar menghasilkan alkohol/Arak Bali dalam jumlah yang maksimal. AlkoTEB mengandung starter ragi unggul yang tidak memerlukan suhu yang sejuk dalam fermentasi nira, serta mengandung nutrisi tambahan yang telah diformulasi khusus lewat riset agar starter ragi pada AlkoTEB dapat tumbuh sehat dan maksimal dalam memfermentasi gula dalam nira menjadi alcohol sehingga hasil produksi Arak Bali meningkat.

Berdasarkan hasil pengujian di lab, AlkoTEB dapat meningkatkan produksi alkohol 10-15% dibandingkan jika menggunakan fermentasi spontan. Tablet AlkoTEB dapat ditambahkan langsung pada wadah/beruk penampung nira saat meniris/memanen nira langsung pada pohonnya agar tablet AlkoTEB langsung memfermentasi nira yang baru mulai menetes untuk menghasilkan hasil alkohol yang maksimal, dan utamanya mencegah berkembangnya cemaran pada fermentasi spontan pada nira yang berpotensi dapat menghasilkan metanol yang berbahaya.

Pada tiap wadah/beruk penampung nira dapat ditambahkan 1-2 butir tablet AlkoTEB sesuai jumlah hasil nira. Agar hasil alkohol maksimal, semakin banyak tablet yang ditambahkan maka waktu fermentasi nira akan makin cepat dan hasil alkohol akan semakin banyak.

Jika difermentasi dan didistilasi dengan baik, kualitas alkohol yang dihasilkan akan lebih halus (smooth) dan ringan (light) serta aroma yang lebih uniform karena difermentasi dengan ragi monokultur yang terdapat di dalam AlkoTEB.

Saat ini AlkoTEB juga tersedia dalam bentuk serbuk dan pellet yang dapat ditambahkan langsung pada wadah fermentasi nira untuk meningkatkan jumlah alkohol. Starter AlkoTEB selain berisi kultur starter ragi unggul, AlkoTEB juga berisi nutrisi tambahan yang telah dioptimasi untuk fermentasi nira. AlkoTEB hanya bisa sebagai starter dan tambahan nutrisi untuk fermentasi nira dan TIDAK BISA digunakan untuk fermentasi yang hanya berbahan air gula menjadi alkohol.

Produk AlkoTEB tersedia di Lab Bioindustri Unud Sudirman, maupun lapak online seperti Tokopedia. Analisa kelayakan bisnis serta model bisnis terintegrasi juga disiapkan untuk membantu meningkatkan potensi penghasilan para petani Arak Bali yang lebih berkelanjutan. Gunakan alkohol yang dihasilkan dengan bijak dan temukan berbagai produk turunan alkohol organik yang bermanfaat untuk kesehatan pada situs AlkoTEB Indonesia. *

Komentar