nusabali

Pernah Jadi Tuan Rumah KTT G20, RI Siap Songsong ASEAN Trourism Forum 2023

  • www.nusabali.com-pernah-jadi-tuan-rumah-ktt-g20-ri-siap-songsong-asean-trourism-forum-2023

JAKARTA, NusaBali
Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Adnyani menyampaikan pengalaman Indonesia terutama Kemenparekraf sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 menjadi modal yang sangat berharga dalam menyongsong ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

Rencananya, ATF akan diadakan di Daerah Istimewa Jogyakarta (DIJ) pada 2-5 Februari 2023. “Beberapa event tersebut (yang melibatkan Kemenparekraf) seperti Internasional Wellness Tourism Conference And Festival, World Tourism Day, The 3rd World Conference on Creative Economy, juga KTT G20,” kata dia saat rapat koordinasi persiapan ATF 2023 di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Jogjakarta seperti dikutip Antara dari keterangan resmi Kemenparekraf di Jakarta, Minggu.

Perhelatan ATF 2023 juga didukung kesiapan Jogyakarta International Airport yang telah memiliki akses penerbangan langsung dari dan menuju Jogyakarta ke berbagai negara yang dilakukan sejumlah maskapai penerbangan seperti AirAsia dan Malaysia Airlines (Malaysia), Scoot Airlines (Singapura), serta Thai Smile (Thailand).

ATG adalah event pariwisata tahunan terbesar di kawasan ASEAN yang dihadiri oleh para pembuat kebijakan, praktisi, serta pelaku industri produk dan layanan pariwisata di ASEAN. Perhelatan tersebut menjadi ruang kerja sama regional yang berupaya untuk mempromosikan wilayah ASEAN sebagai salah satu tujuan wisata.

Sebagai kunci pengembangan pariwisata di negara-negara ASEAN, ATF mencakup pertemuan antara badan pemerintah pariwisata dan organisasi sektor swasta serta pertemuan bisnis antara seller dan buyer. Giri mengharapkan ATF 203 agar lebih banyak seller dan buyer yang berpartisipasi dalam Travex di ATF 2023.

“Kemenparekraf telah mendistribusikan undangan untuk ASEAN Tourism Ministerial & Related Meetings melalui ASEAN Secretariat," ujarnya.

Dalam rapat koordinasi tersebut, juga disampaikan beberapa persiapan teknis yang telah dilakukan. Seperti delegasi nonVIP diberikan dua pilihan airport shuttle, yaitu langsung dari Yogyakarta International Airport (YIA) menuju official hotel atau dari YIA menuju Stasiun Tugu dengan menggunakan kereta bandara.

Selanjutnya, dengan menggunakan bus shuttle, delegasi nonVIP dari Stasiun Tugu dapat menuju 25 official dan partner hotel yang telah ditunjuk untuk memberikan harga khusus bagi delegasi ATF 2023.

Kemenparekraf juga turut melaksanakan Joint-Event dengan beberapa pihak, seperti Traveloka untuk Post Tour, US-ABC (US-ASEAN Business Council) untuk Breakfast Meeting Menteri, dan CNN untuk Business Luncheon Menteri dengan Co-Host Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selain itu, telah dialokasikan juga lokasi pendirian 10 booth untuk UMKM di area Kraton Grand Ballroom dan ada dukungan 18 Patwal dan Security Officer (SO) guna pengamanan delegasi VIP. Terakhir, motif batik nitik akan diusulkan sebagai seragam bagi delegasi VIP.

Kemenparekraf secara resmi telah menjalin kerja sama dengan CNN sebagai official media partner dan TTG Asia sebagai official daily news yang akan memberikan daily release terkait penyelenggaraan ATF, baik untuk agenda pertemuan antar menteri maupun agenda Travex.

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Martini M Paham menambahkan bahwa peserta TRAVEX dan media yang akan berpartisipasi sudah dapat melakukan pendaftaran.
"Pendaftaran dilakukan melalui website atf2023.indonesia.travel," ucap dia. *

Komentar