nusabali

Sosialisasi Konservasi dengan Berlari

  • www.nusabali.com-sosialisasi-konservasi-dengan-berlari

DENPASAR, NusaBali
Cara asyik dilakukan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) untuk mensosialisasikan pentingnya menjaga ekosistem laut.

Mereka berlari bersama sekitar 500 peserta dari berbagai kota di Indonesia pada Minggu (27/11) pagi, dalam kegiatan bertajuk ‘Misi Lestari 2022: #MissionofTheOcean’. Acara digelar di area parkir kawasan Tahura Ngurah Rai, Pemogan, Denpasar Selatan (on site race) dan secara virtual.

Misi Lestari 2022: #MissionOfTheOCean dilakukan secara hybrid, yakni virtual dan on site race. Pelari untuk misi virtual diwajibkan menuntaskan jarak 21 kilometer menggunakan platform 99 Virtual Race dalam periode 7-27 November 2022. Sementara, untuk on site race yang sekaligus menjadi ajang selebrasi Misi Lestari dibagi menjadi 3 kategori jarak, yaitu 2,5 kilometer, 11 kilometer, dan 21 kilometer.

Selain dikenal sebagai half marathon, angka '21' juga menjadi simbol peringatan Hari Ikan Nasional yang jatuh tiap 21 November. Hari peringatan ini menjadi momentum untuk memahami kembali potensi perikanan nasional yang sangat besar, sekaligus pentingnya praktik perikanan berkelanjutan.

“Ajang ini mempertemukan sejumlah komunitas pelari dari berbagai kota, seperti, Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogjakarta, Bali, Balikpapan, dan kota lainnya,” kata Project Director Misi Lestari Astrid Candrasari.

Misi Lestari merupakan kegiatan kolaboratif dalam upaya melestarikan bumi, dengan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk peduli pada alam melalui aktivitas keseharian yang edukatif. Tema ‘Mission of The Ocean’ selaras dengan gerakan global yang didorong Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Januari 2021, yang mendeklarasikan ‘Dekade Ilmu Kelautan untuk Pembangunan Berkelanjutan 2021-2030’ dalam rangka mendukung upaya praktik pengelolaan perairan yang berkelanjutan.

‘Mission of The Ocean’ menjadi misi kolektif untuk menata kembali koneksi antara manusia dan laut, demi mewujudkan laut yang sehat. Kegiatan Misi Lestari, yang mengusung konsep 4 pilar, yaitu environment, educate, engage, dan entertain, merupakan salah satu cara bagi YKAN mengajak masyarakat luas terlibat dalam upaya konservasi ekosistem laut. Ajakan ini dilakukan lewat kegiatan menyenangkan dengan unsur olahraga, yaitu lari.

Misi Lestari 2022 juga diikuti oleh Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra dan Wakapolda Bali Brigjen Pol I Ketut Suardana, yang mengikuti kategori 11 kilometer, serta 14 influencer yang peduli pada kelestarian ekosistem laut. Kepala Bidang Kelautan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali Ketut Astari juga terlihat hadir.

Ketut Astari mengatakan untuk memperoleh ikan segar yang berkualitas, tentunya membutuhkan ekosistem perairan yang terjaga keseimbangannya.

“Dan setiap orang yang ada di sini punya andil untuk bersama-sama menjaga kelestarian dan kebersihan laut dan biota yang ada di dalamnya, untuk masa depan Indonesia yang lestari,” ujar Ketut Astari. *cr78

Komentar