nusabali

Juara Umum Muaythai, Klungkung Catat Sejarah

  • www.nusabali.com-juara-umum-muaythai-klungkung-catat-sejarah

GIANYAR, NusaBali
Atlet-atlet cabor Muaythai yang diturunkan Klungkung mampu mengumpulkan 6 medali emas, 3 perak, dan 2 perunggu dari total 17 medali emas yang diperebutkan pada Porprov XV yang diselenggarakan di Balai Budaya, Klungkung, 21-25 November lalu.

Dengan hasil tersebut, Klungkung menjadi pengumpul medali terbanyak cabor muaythai mengungguli Gianyar yang meraih 4 emas, 2 perak, dan 10 perunggu. Posisi ketiga Buleleng 3 emas, 9 perak, dan 2 perunggu, selanjutnya Denpasar 2 emas, 1 perak, dan 7 perunggu. Badung 1 emas, 1 perak, dan 4 perunggu. Karangasem 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu, Tabanan 3 perunggu, Bangli 1 perunggu, dan Jembrana 1 medali perunggu.

Bukan hanya menjadi juara umum muaythai, namun  keberhasilan ini membuat muaythai menjadi cabor pertama yang dijuarai oleh Klungkung sepanjang sejarah dilagsungkannya Porprov Bali.  "Perkiraan awal memang 5-6 emas, dan target bisa terpenuhi dengan baik," kata Ketua Pengkab Muaythai Indonesia (MI) Klungkung, Komang Suprapta, Sabtu (26/11).

Mantan Ketua Pengkab Taekwondo Klungkung ini menambahkan, secara target ke KONI Klungkung memang telah terpenuhi dengan maksimal, namun dari target pribadi ada meleset di kategori wai kru putri, yang awalnya diplot meraih medali emas, Ni Ketut Della Antari Putri hanya kebagian medali perak.

Atlet Klungkung yang berhasil menyumbangkan medali emas yakni Luh Vina Cahyani kelas 48 kg putri, Aprillia Nurul Setiawan kelas 51 kg putri, I Wayan Tino Kusumawardana kelas 57 kg putra, dan Andhika Yudha Pamungkas kelas 60 kg putra.  Medali emas selanjutnya dipersembahkan Anak Agung Marshel Neomonorchy Nirwikara Ananda kelas 63,5 kg putra, dan I Wayan Sedana Yoga kelas 75 kg putra.

Sedangkan medali perak dipersembahkan Putu Rina Aita kelas 60 kg putri, Juardianus Kirinus Mau kelas 48 kg putra, Ni Ketut Della Antari Putri kategori wai kru putri.  Selanjutnya  medali perunggu disumbangkan I Putu Wisma Winayaka kelas 73 kg putra, dan Adven Chiristi Rihi Mone kategori wai kru putra.

Sementara itu pelatih Muaythai Klungkung, Ade Iwan Setiawan mengatakan apa yang diraih atletnya sesuai target awal. "Ke depan kita akan mendapat tantangan berat untuk mempertahankan prestasi ini, tapi yang jelas inilah jawaban dari hasil kerja keras selama ini. Sejak awal memang ingin meraih medali emas terbanyak," papar Ade Iwan Setiawan. *dek

Komentar