nusabali

Arab Saudi Gagal Pastikan Tiket ke Fase Grup, Inggris Ditahan Imbang Amerika Serikat 0–0

  • www.nusabali.com-arab-saudi-gagal-pastikan-tiket-ke-fase-grup-inggris-ditahan-imbang-amerika-serikat-0-0

AR-RAYYAN, NusaBali
Polandia berhasil mengalahkan Arab Saudi dengan skor 2–0. Dengan demikian, Polandia membuka peluang lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022.

Hasil ini sekaligus menjadi kemenangan perdana Robert Lewandowski dkk di Piala Dunia 2022. Pertandingan Polandia vs Arab Saudi pada laga kedua Grup C Piala Dunia 2022 berlangsung di Education City Stadium, Ar-Rayyan, Sabtu (26/11/2022) malam Wita, berakhir dengan skor 2-0.  

Polandia meraih kemenangan berkat gol Piotr Zielienski pada menit ke-39 dan aksi Robert Lewandowski (82').  

Satu gol ke gawang Arab Saudi membuat torehan gol Robert Lewandowski berjumlah 77 untuk timnas Polandia. Ini juga merupakan gol perdananya di pentas Piala Dunia.  

Hasil ini juga merupakan kemenangan pertama Polandia di Piala Dunia 2022. Sebelumnya, mereka bermain imbang melawan Meksiko.  

Berkat kemenangan ini, Polandia sementara memuncaki klasemen Grup C Piala Dunia 2022 dan menjaga asa lolos ke fase gugur.

Arab Saudi gagal memanfaatkan hadiah penalti di babak pertama. Kiper Polandia Wojciech Szczesny menangkal eksekusi Salim Al Dawsari, dan sontekan bola rebound Mohammed Al Burayk.

Usai turun minum, Polandia dua kali mengenai tiang gawang dari Arkadiusz Milik dan Lewandowski. Sebelum pemain yang disebut terakhir mencetak gol kedua timnya.

Di pertandingan Grup C terakhir, Polandia akan berjumpa dengan Argentina sedangkan Arab Saudi menghadapi Meksiko (1/12) dinihari Wita.

Arab Saudi memulai dengan agresif. Arab Saudi mendesak Polandia sehingga mendapatkan tekanan besar.

Sebuah serangan berbahaya diciptakan Arab Saudi pada menit ke-13. Kerja sama Saud Abdulhamid dengan Mohammed Kanno diteruskan Kanno dengan sepakan kaki kanan yang menguji Wojciech Szczesny.

Arab Saudi tidak memberikan Polandia kesempatan bernapas. Alhasil banyak pemain Polandia terpaksa melakukan pelanggaran. Pertandingan dilanjutkan dengan pertarungan keras di lapangan tengah.

Polandia akhirnya bisa melakukan percobaan. Di menit ke-26, sepak pojok Piotr Zielinski ditanduk Krystian Bielik, tapi Saleh Al Shehri dengan sigap menyapu bola dengan sundulan sehingga kembali menjadi sepak pojok.

Gol. Kebuntuan akhirnya terpecah di menit ke-39. Zielinski mencetak gol untuk membuka keunggulan Polandia 1-0.

Lewandowski menuntaskan sebuah crossing dari kanan dengan sepakan yang ditepis Mohammed Al Owais. Bola rebound kembali dikuasai Lewandowski untuk diteruskan dengan umpan tarik yang disambar Zielinski ke sudut atas gawang Arab Saudi.

Di akhir babak pertama, wasit menghadiahi Arab Saudi penalti setelah pelanggaran Bialek terhadap Al Shehri. Salim Al Dawsari maju sebagai eksekutor lalu melepaskan sepakan yang ditepis Szczesny. Bola rebound dicecar Mohammed Al Burayk namun digagalkan Szczesny lagi.

Penyelamatan bagus kembali dilakukan Szczesny usai turun minum. Sebuah serangan Arab Saudi dari kiri membuat kemelut di dalam kotak penalti. Bola dikuasai Al Dawsari yang melepaskan tembakan dari jarak dekat, Szczesny menangkal dengan badannya.

Arab Saudi terus menekan Polandia. Kerja sama bagus di depan area D diteruskan Abdulelah Al Maliki dengan tembakan dari sisi kiri kotak penalti, bola masih melayang di atas mistar gawang Szczesny.

Polandia nyaris menciptakan gol keduanya saat laga melewati sejam. Crossing dari sisi kiri disambut Arkadiusz Milik dengan sundulan tapi bola masih membentur mistar gawang Arab Saudi. Tidak lama kemudian giliran sontekan Lewandowski menghantam tiang gawang.

Arab Saudi mendapatkan tendangan bebas dari posisi berbahaya. Tembakan Al Dawsari cuma membentur pagar hidup Polandia. Setelahnya Al Dawsari melepaskan sepakan melengkung dari luar kotak penalti, bola masih mengarah ke pelukan Szczesny.

Peluang lain didapat Polandia di menit ke-75. Lewandowski mengejar umpan terobosan, tapi bola terlalu panjang. Kiper Al Owais meninggalkan sarangnya jauh-jauh untuk menyapu bola.

Tiga menit berselang, Arab Saudi membuang sebuah kesempatan bagus. Pertahanan Polandia tidak menyapu bola dengan sempurna di kotak penalti. Al Maliki memperoleh bola lalu meneruskan dengan sepakan ke tiang jauh meski melebar. Kedudukan masih 1-0 untuk keunggulan Polandia.

Gol. Polandia akhirnya menciptakan gol keduanya di menit ke-82. Lewandowski mengukir namanya di papan skor untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Lewandowski merebut bola dari Al Maliki di tepi kotak penalti, lalu dengan mudah menaklukkan penjagaan Al Owais dalam situasi one on one.

Polandia hampir saja menghabisi Arab Saudi. Lewandowski tinggal berhadapan dengan Al Owais, tapi bisa digagalkan si kiper sebelum bola disapu Sultan Al Ghannam, demikian seperti dilansir dari detikcom.

Sementara itu, pada Sabtu (26/11) dini hari Wita, Timnas Inggris dibuat frustrasi oleh permainan Amerika Serikat pada laga lanjutan Grup B Piala Dunia yang berakhir imbang 0-0 di Stadion Al Bayt.

AS mendominasi jumlah serangan namun tak dibarengi dengan eksekusi yang baik di saat Inggris tampil kurang gesit.

Dengan hasil tersebut, Inggris melewatkan peluang mengunci tiket 16 besar tapi masih memimpin klasemen dengan empat poin, sedangkan AS di peringkat tiga dengan dua poin, setelah bermain imbang 1-1 dengan Wales pada laga pembuka mereka.

Tim asuhan Gareth Southgate itu dijamin lolos dari Grup B apabila memenangi pertandingan kedua mereka di Qatar, tapi justru kewalahan menghadapi tekad kuat para pemain muda AS.

Iran, yang mengalahkan Wales 2-0 pada laga lebih awal, menempati peringkat dua klasemen dengan tiga poin, dan Wales terpuruk di dasar klasemen dengan satu poin, demikian catatan laman resmi FIFA seperti dilansir dari antara.

Inggris, yang tak mengganti starting line-upnya ketika mengalahkan Iran 6-2 pada pertandingan Senin, mendapat peluang pertamanya ketika Kane menerima umpan silang dari Saka pada menit ke-10, namun tembakan sang kapten dari jarak dekat dapat dihalau oleh Walker Zimmerman.

Empat menit berselang, Saka kembali menciptakan peluang dengan mengirim bola dari sisi kanan ke Kane yang mencoba mengeksekusi bola meniru tendangan akrobatik Richarlison ketika melawan Serbia kemarin, namun Tim Ream lebih dulu menyambar bola tersebut.

Di saat Inggris mendominasi penguasaan bola, sementara itu, AS bukannya tanpa perlawanan di saat Weston McKennie menginspirasi dan menciptakan sejumlah peluang pada babak pertama.

Pada menit ke-32, McKennie merangsek dari sisi kanan dan mengumpan bola ke Musah yang diteruskan ke Pulisic yang berdiri di pojok kiri kotak. Pulisic menenangkan diri sebelum melesakkan tembakan keras ke pojok atas kiri gawang yang memaksa Jordan Pickford bekerja keras menghalau meski bola membentur tiang.

Pulisic kembali mengancam gawang Pickford setelah menerima umpan silang dari Sergino Dest namun sundulan pemain sayap Chelsea itu masih melebar tipis ke sisi kanan gawang.

Kedua tim saling jual beli serangan sebelum turun minum dan kiper Matt Turner mendapati ujian serius pertamanya ketika harus menghalau tembakan keras mendatar Mason Mount dari luar kotak.

Meski mencatatkan hanya 33 persen penguasaan bola di paruh pertama, AS bermain lebih efektif dengan menciptakan enam peluang tembakan ketimbang lima yang dibuat Inggris.

Setelah turun minum, permainan AS lebih hidup dan membombardir Inggris dengan sejumlah tendangan sudut serta empat kali upaya tambahan.

Dipaksa bermain bertahan menghadapi gempuran AS yang dimotori Pulisic, Inggris ingin mengubah arah permainan dengan menarik Sterling dan Bellingham yang digantikan Jordan Henderson dan Jack Grealish pada menit ke-69 disusul Marcus Rashford untuk Bukayo Saka sepuluh menit berselang.

Sedangkan AS menarik McKennie dan Dest untuk memberi kesempatan bagi Brendon Aaronsen dan Shaquell Moore.

Pada akhirnya, Inggris dapat menambah satu upaya tembakan pada menit ke-87 lewat tembakan lemah Rashford dari sisi kiri setelah menerima backpass dari Grealish, tapi Hunter tak kesulitan mengamankan si kulit bundar.

Lalu pada empat menit waktu tambahan, Trippier mendapat tugas tendangan pojok yang diteruskan Maguire dengan sundulan yang mengirim bola memantul ke lapangan dan ke tangan kiper AS.

Kapten Harry Kane juga menyia-nyiakan peluang terakhir Inggris ketika tendangan bebas Shaw dari sisi kiri disambut dengan sundulan sang kapten yang masih melebar jauh ke sisi luar kiri gawang.

Skor imbang kacamata 0-0 bertahan hingga akhir pertandingan. AS akan berharap meraih kemenangan pada laga selanjutnya melawan Iran untuk meraih tiket lolos ke babak selanjutnya. Sedangkan Inggris harus terhindar dari kekalahaan ketika meladeni Wales nanti. *

Susunan Pemain
Polandia: Szczesny, Glik, Berezynski, Cash, Kiwior, Krychowiak, Zielinski (Kaminski 64'), Frankowski, Bielik, Lewandowski, Milik (Piatek 71')

Arab Saudi: Mohammed Al Owais, Mohammed Al Burayk (Sultan Al Ghannam 65'), Ali Al Bulayhi, Abulelah Al Amri, Saud Abdulhamid, Salem Al Dawsari, Mohammed Kanno, Abulelah Al Malki (Abdulrahman Al Obud 86'), Sami Al Naji, Saleh Al Shehri (Nasser Al Dawsari 86'), Feras Al Brikan.

Komentar